Cara mematikan penerjemahan bahasa asing di Google Chrome

Google Chrome bisa dikatakan sebuah browser yang fungsinya lengkap, selain sudah ada Adobe Flash Player terintegrasi juga ada kemampuan menerjemahkan situs yang sedang dibuka dengan memanfaatkan Google Translate. Ini bisa membantu atau malah mengganggu, karena saya sering membuka situs berbahasa Inggris jadi rutin menolak tawaran penerjemahannya ke bahasa Indonesia. Bukan tidak suka bahasa nusantara cuma terjemahan mesin seperti ini bisa mengurangi akurasi teksnya dan informasinya malah akan salah. Atau lebih parah lagi situs Indonesia diterjemahkan ke Inggris, runyam sudah.

Kalau anda mengalami hal serupa dan ingin mematikan fitur terjemahan bahasa asing di Google Chrome maka silahkan ikuti panduan berikut. Pertama akses menu di toolbar kanan atas dan pilih Settings.
google-chrome-menu
Atau anda bisa mengetikkan alamat chrome://settings. Kemudian klik Show advanced settings… dan geser kebawah sampai anda menemukan bagian Languages. Nah… hilangkan centang pada Offer to translate pages that aren’t in language you read.
google-chrome-settings-languages
Sekarang anda tidak akan menemukan tawaran “Would you like to translate it” lagi. Untuk mengaktifkannya kembali tinggal beri centang saja pada halaman tadi.

Tulis komentar...