Cara mematikan Properties pada Network Connections di Windows

Mungkin anda merasa sebal karena ada orang yang iseng mengubah setting dari koneksi jaringan anda. Konfigurasi IP address, Subnet mask, Default Gateway, DNS server, atau DHCP kalau salah jelas membuat komputer anda tidak bisa terhubung ke internet. Entah iseng, ketidaksengajaan, atau asli sabotase ada baiknya kalau akses ke Properties dari Network Connections dimatikan saja.

Pertama jalankan dulu run command dengan menekan tombol Windows+R, kemudian ketikkan gpedit.msc dan tekan ENTER.

windows-run-command-gpedit-msc

Jendela Local Group Policy Editor akan muncul, navigasikan ke User configuration > Administrative Templates > Network > Network Connections. Setelah itu cari “Prohibit access to Properties of a LAN connection.” dan double-click.

windows-7-gpedit-user-configuration-network-connections

Ubah statusnya menjadi Enabled untuk mengunci Network Connections. Setelah itu restart komputer anda.

windows-7-gpedit-prohibit-access-properties-lan-connection

Niscaya sekarang setting properties dari Network Connections anda akan terkunci tidak bisa dirubah pengguna biasa. Untuk mengaktifkan properties dari LAN connection tinggal ganti kembali menjadi Disabled atau Not Configured.

5 pemikiran pada “Cara mematikan Properties pada Network Connections di Windows”

  1. kalo yang menyembunyikan poperties di wireless yang udah pernah terkoneksi supaya nggak gampang lihat password wifi gimana ya? ada caranya nggak?

    Balas
    • Setahu saya ga bisa mbak. Ini komputernya dipakai bersama ya? Windows soalnya didesain dipakai sendiri, jadi kalau ada orang lain pakai ya bisa lihat semuanya.

  2. Saya mau tanya, komputer saya tidak muncul propertiesnya tanpa adanya konfigurasi properties sebelumnya itu kenapa ya?
    Sudah jajal petunjuk di atas untuk membuat disable atau not configured tetap tidak bisa..

    Balas

Tulis komentar...