Cara mematikan RSS Feed WordPress

RSS Feed itu berguna untuk pembaca yang selalu setia mengikuti setiap tulisan website yang baru dipublikasikan. Tapi tidak semua situs WordPress itu blog dan kadang cuma digunakan company profile saja. Jadi tergantung kebutuhannya bisa lebih baik kalau dimatikan permanen saja RSS Feed ini.

Defaultnya WordPress akan membuat 4 jenis link untuk RSS ini, jadi cukup banyak juga cara aksesnya. Belum lagi feed untuk per posting dan komentarnya, bisa cukup rumit kalau diperhatikan format linknya.

Nah setidaknya ada 2 cara untuk menonaktifkan fitur ini, yang paling mudah adalah menggunakan plugin Disable Feeds: https://wordpress.org/plugins/disable-feeds/. Tinggal anda install, aktifkan dan buka Pengaturan > Membaca, settingnya ada di akhir halaman ini.

Dibiarkan saja aktif sudah cukup karena defaultnya sudah mematikan semua RSS Feed, kecuali ada ingin mengaktifkannya pada bagian tertentu saja. Jadi ada:

  • Redirect feed requests to corresponding HTML content: Ini akan mengalihkan setiap akses ke link RSS ke konten aslinya.
  • Issue a Page Not Found (404) error for feed requests: Yang ini akan menampilkan error 404 not found apabila ada permintaan akses ke feednya.
  • Do not disable the global post feed and global comment feed: Hanya feed untuk posting dan komentar secara global yang aktif.

Ini lebih mudah daripada edit file functions.php dan menambahkan kode PHP didalamnya menurut saya.

Tulis komentar...