Cara mematikan Sticky Keys

Apa anda pernah secara tidak sengaja mengaktifkan Sticky Keys? Bila anda menekan tombol Shift sebanyak 5 kali akan ada jendela yang menanyakan anda untuk menghidupkan Sticky Keys, dan kalau anda tidak sadar memilih Yes maka anda pasti terkejut karena beberapa tombol di keyboard tidak bekerja seperti biasanya.

Apa fungsi Sticky Keys? Fitur ini berguna bagi anda yang kesulitan menekan 2 atau lebih tombol di keyboard secara bersamaan, misal anda ingin menyimpan halaman maka cukup menekan kombinasi tombol CTRL+S kalau dengan Sticky Keys aktif anda bisa menekan CTRL dahulu disusul dengan S, jadi satu per satu tombolnya ditekan.
windows-7-sticky-keys

Sekarang bagaimana cara mematikannya?

Restart komputer

Ya benar, setelah anda merestart maka fungsi keyboard anda akan kembali seperti semula karena Sticky Keys cuma aktif dalam satu sesi. Tapi bukan solusi seperti ini yang anda cari bukan?

Melalui Control Panel

Anda bisa membuka Control Panel terlebih dahulu kemudian cari Ease of Access Center.
control-panel-ease-access-center
Kemudian klik pada “Make the keyboard easier to use”
windows-7-ease-access-center

Hilangkan centang pada “Turn on Sticky Keys” dan Klik OK.

windows-7-make-keyboard-easier-use

Gunakan tombol Shift

Cara paling mudah dan sering saya gunakan adalah dengan menahan tombol shift kanan selama 15 detik untuk menonaktifkan Sticky Keys. Alternatifnya tekan kedua tombol shift sekaligus.

Mematikan Sticky Keys secara permanen

Tidak ingin diganggu lagi oleh Sticky Keys? Anda bisa menonaktifkannya secara permanen, caranya adalah dengan melanjutkan proses diatas pada jendela “Make the keyboard easier to use” kemudian klik pada Set Up Sticky Keys.

Setelah itu cari bagian Keyboard shortcut dan hilankan centang pada “Turn on Sticky Keys when SHIFT is pressed five times”.
windows-7-set-up-sticky-keys

Simpan konfigurasi baru ini dengan klik OK. Setelah ini anda tidak akan diganggu lagi dengan munculnya Sticky Keys.

2 pemikiran pada “Cara mematikan Sticky Keys”

Tulis komentar...