Cara mematikan suara di Google Chrome

Pernah memutar video atau audio di Google Chrome? Kalau anda pernah memperhatikan informasi tab di bagian atas toolbar yang biasanya berisi favicon dan judul halaman situs yang sedang dibuka akan terdapat icon speaker sebagai tambahannya. Ini menandakan pada tab tersebut sedang aktif memainkan medianya. Jadi kita dapat dengan cepat menemukan mana yang menjadi asal bunyinya.

Dengan fitur ini setidaknya saya bisa langsung menutup halaman situs yang memiliki video autoplay. Mengganggu soalnya dan menghabiskan bandwidth untuk hal yang tidak penting, biasanya iklan. Tapi bagaimana kalau kita memang ingin menontonnya nanti atau membiarkannya tapi tidak ingin mendengarkan suaranya? Tidak mungkin ditutup kan?

chrome-tab-audio-muted

Nah… ada satu trik di Google Chrome yang memperbolehkan kita menonaktifkan suaranya, jadi nanti disenyapkan (mute). Cocok buat video yang tidak ada pilihan volume suaranya atau karena lebih cepat mengklik icon speaker di tabnya. Bagaimana caranya? Langsung saja ketikkan alamat berikut di address bar Chrome: chrome://flags/#enable-tab-audio-muting dan tekan ENTER.

chrome-flags-enable-tab-audio-muting

Selanjutnya klik Enable di setting Enable tab audio muting UI control, dan restart browsernya. Setelahnya pada saat ada audio yang dimainkan selain muncul icon speaker di tab tersebut juga bisa diklik untuk dimute. Lebih praktis jadinya.

Ya, cuma butuh satu klik untuk menghidup-matikannya saja. Hal ini penting kalau anda juga buru – buru ingin merahasiakan apa yang sedang anda lihat di internet. 😛

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...