Cara mematikan “Do you want to scan and fix Removable Disk?”

Apakah setiap kali anda memasang USB Flashdisk, SD Card atau harddisk eksternal muncul pesan seperti “Do you want to scan and fix Removable Disk”? Masalahnya hal ini akan sangat mengganggu kalau kita sering menggunakan media penyimpanan eksternal, apalagi kalau asal lepas tancap maka dijamin akan selalu keluar dialog tersebut. Kalau anda yakin dengan keamanan data anda maka lebih baik matikan saja.

Jendela dialog ini biasanya memiliki pesan sebagai berikut:

Do you want to scan and fix Removable Disk (E:)

There might be a problem with some files on this device or disc. This can happen if you remove the device or disc before all files have been written to it.

Scan and fix (recommended)
This will prevent future problems when copying files to this device or disc.

Continue without scanning.

Sebenarnya fungsinya baik, kalau anda lupa melakukan eject pada USB Flashdisk biasanya bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan data dan perangkatnya. Kalau anda memilih Scan and fix maka Windows akan menjalankan checkdisk pada disk tersebut, yang jadi repot adalah walau sudah dilakukan kalau dipasangkan kembali akan tetap muncul pesan ini.

Untuk mematikan pesan peringatan ini panggil run command (tekan tombol Windows+R) dan ketikkan services.msc kemudian tekan ENTER.

windows-7-run-services-msc

Selanjutnya cari Shell Hardware Detection dan lakukan double-click.

windows-7-services-shell-hardware-detection

Pada jendela Propertiesnya ubah Startup Type dari Automatic menjadi Disabled dan klik OK untuk menyimpan perubahan konfigurasinya.

shell-hardware-detection-properties

Selesai! Sekarang anda tidak akan diganggu lagi oleh pesan – pesan tersebut, efek sampingnya ini juga akan menonaktifkan fungsi Auto Play.

Satu pemikiran pada “Cara mematikan “Do you want to scan and fix Removable Disk?””

Tulis komentar...