Cara membatasi pembelian dalam aplikasi di Android

Memang banyak sekali aplikasi dan game gratis di Android, kita tinggal membuka Google Play Store dan install saja game apapun yang menarik perhatian. Tapi yang gratis ternyata memiliki banyak batasan dan biasanya akan ada cara untuk membeli mata uang premium (gem, jewel, gold, ticket dan sebagainya) untuk melewati batasan ini.

Nama kerennya adalah in-app purchase (pembelian dalam aplikasi) dan kalau tidak dibatasi pasti jebol tagihan kartu kredit anda. Kasus ini pernah dialami teman saya yang tabletnya sering dibuat main oleh anaknya yang masih berusia 4 tahun, karena tidak tahu apa fungsinya dan jelas menambah fungsi gamenya sehingga anaknya berhasil menghabiskan hampir 6 juta rupiah dalam 2 minggu. Wow… itu saja komentar saya saat dicurhati.

Untuk mencegah hal yang sama terulang kembali maka kita bisa membatasi fitur pembelian ini supaya lebih ketat. Silahkan anda buka Google Play dan tap pada menu untuk mengakses Settings.

android-google-play-require-authentication-for-purchases

Di dalamnya anda akan menemukan User Control, tap pada Require authentication for purchases. Anda akan menemukan 3 opsi:

  • For all purchases through Google Play on this device. – Seluruh transaksi pembelian akan diminta memasukkan password akun Google.
  • Every 30 minutes. – Setiap 30 menit akan diminta memasukkan password untuk melanjutkan proses pembelian.
  • Never. – Seluruh transaksi tidak perlu mengisikan password. Opsi ini merupakan yang paling berbahaya karena tidak ada batasan kecuali limit kartu kredit anda.

Saya sangat menyarankan agar in-app purchases ini dimatikan saja dengan memilih opsi pertama, selama orang lain atau anak anda tidak tahu apa passwordnya maka tagihan kartu kredit anda akan aman sentosa.

Saya menuliskan panduan ini berdasarkan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 dan Google Play Store 5.1.11. Bila milik anda berbeda silahkan diadaptasikan caranya. Oh ya pada versi lama tidak menggunakan password melainkan PIN yang harus disetting sendiri sebelumnya, tapi cara kerjanya sama.

4 pemikiran pada “Cara membatasi pembelian dalam aplikasi di Android”

    • Mahal sih tidak, tapi kalau beli barang murah berulang – ulang lama – lama jadi banyak juga tagihannya. Ini cuma karena beli gem, energi dan coin premium yang ada dalam game. Karena itu sebaiknya buat anak kecil antara jangan dipinjami handphone (ini susah, takutnya nangis) atau dibatasi langsung saja supaya tidak asal beli.

  1. Kalau misalnya game simulator yg ada in app purchase (offline), kemudian saat mau beli transportasi yg baru, apakah pembelian tersebut hanya sekedar main2 atau emang menggunakan uang beneran ya?

    Balas
  2. Bagaimana dengam game simulator offline (in app purchase) saat akan membeli kendaraan baru? Apakah itu hanya sekedar ‘ecek-ecek’ atau menggunakan uang beneran?

    Balas

Tulis komentar...