Cara memberi password pada dokumen Word

Microsoft Word merupakan software produktivitas pengolah kata yang seringkali ada di setiap komputer, karena fungsinya memang membuat dokumen mulai dari sekedar tugas, proposal, laporan, dan dokumen penting lainnya. Karena apa isi dari file doc atau docx ini bisa dikatakan penting selain perlu dibackup secara rutin juga bisa dilindungi dengan sebuah password.

Apa guna password di Word? Cukup sederhana aslinya, yaitu untuk mencegah dokumen tersebut dibuka oleh orang yang tidak berkepentingan sehingga isi file tersebut terjaga dan tidak ada perubahan tanpa ijin anda sebagai pembuatnya.

Bagaimana cara memasang password di dokumen Word? Mudah saja kok sebenarnya, disini saya mencontohkan dengan menggunakan Microsoft Word 2007 dan jangan lupa bukalah dokumen yang ingin diproteksi.

Kemudian klik orb menu Office di kiri atas, pilih Prepare dan klik Encrypt Document. Saya sarankan anda sudah membuat backup file doc/docx yang ingin dienkripsi nanti untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan.
microsoft-word-2007-prepare

Nanti anda akan diminta mengisikan password untuk dokumen tersebut sebanyak 2 kali. Jangan sampai lupa karena nanti susah menyelamatkan data anda kalau sudah terlanjur dienkripsi dan lupa apa passwordnya.
microsoft-word-2007-encrypt-document
Kalau sudah segera simpan dokumen tersebut, dan setelahnya setiap kali dibuka maka akan diminta password baru bisa diakses.

Tulis komentar...