Cara membuat Domain Forwarding lewat file .htaccess

Domain Forwarding adalah metode untuk meneruskan atau mengalihkan suatu nama domain ke alamat atau domain lainnya. Biasanya digunakan kalau anda melakukan pindah hosting dan sekalian mengganti nama domain websitenya. Biasanya fitur ini tersedia secara gratis pada penjual domain atau web hosting yang anda gunakan.

Masalahnya ada beberapa jasa penjual nama domain yang setiap fitur tambahan untuk manajemen domain adalah berbayar, yang paling sering saya temukan adalah WHOIS Privacy dan yang baru saja saya temukan adalah kemampuan Domain Forwarding (muncul pesan “Unauthorized Access Attempt – code 2” pada saat saya berusaha mengaktifkannya).

Kalau anda masih memiliki paket hosting yang masih aktif di tempat lama tersebut maka anda bisa mengakalinya dengan trik di dalam file .htaccess, jadi cara ini terbatas pada server jenis Apache dan LiteSpeed. Tapi kedua jenis server ini mencakup sebagian besar shared hosting di Indonesia, sehingga cara berikut ini hampir 100% bisa dilakukan.

Silahkan anda akses hosting anda menggunakan FTP, atau langsung menggunakan cPanel juga tidak masalah. Kemudian cari file bernama .htaccess pada direktori public_html atau www, jika tidak ada silahkan dibuat saja filenya.
xftp-shared-hosting-public-html

Nanti didalamnya isikan kode berikut:
RewriteEngine On
RewriteRule ^(.*)$ http://www.namadomainbaru.com/$1 [L,R=301]

Nanti setiap url pada domain lama yang diakses pengunjung akan otomatis dialihkan ke yang baru menggunakan kode 301 Moved Permanently. Ini akan membantu domain baru anda supaya peringkat dari yang domain lama akan dipindahkan ke yang baru.

Tulis komentar...