Cara membuat file palsu berukuran besar di Windows

Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara membuat file palsu (dummy) dalam ukuran besar atau yang anda inginkan. Yang kita butuhkan hanyalah command prompt dan tentu saja pastikan harddisk anda memiliki kapasitas kosong untuk menyimpan filenya.

Silahkan panggil dulu command prompt. Bila bingung tekan tombol Windows+R untuk menjalankan run dialog dan isikan dengan cmd. kemudian ENTER. Nah… disini saya akan mencontohkan dengan membuat file berukuran 100MB.

fsutil file createnew palsu.txt 104857600

cmd-fsutil-file-createnew

Kalau sudah berhasil maka file tersebut akan dibuat dalam folder yang telah ditentukan atau dimana command prompt aktif. Untuk mengganti direktorinya anda menggunakan perintah cd (change directory) disusul dengan lokasi barunya.

Satuan yang digunakan untuk besar file adalah dalam Bytes dimana 1 MB itu adalah 1000KB, jadi memang angkanya cukup banyak. Oh ya file ini isinya adalah kosong, jadi kalau dikompres misal dengan ZIP atau RAR hasilnya akan kurang dari 1KB filenya.

Mungkin anda penasaran apa fungsinya nanti membuat file berukuran besar tapi tidak ada isinya nanti. Untuk contoh kasus pribadi saya menggunakannya untuk menguji kapasitas USB Flashdisk dan micro SD card apakah benar sesuai dengan yang tertulis karena sekarang sudah banyak beredar yang palsu.

Tulis komentar...