Cara memperbaiki BSOD disebabkan aswSP.sys saat startup Windows

Setiap proses startup Windows akan menampilkan layar desktop tiba – tiba muncul BSOD (Blue Screen Of Death) dengan informasi tambahan mengenai penyebab error ini adalah file bernama aswSP.sys. Berbeda dengan Blue Screen yang biasanya muncul saat anda mengakses suatu fitur atau program, anda bisa dikatakan tidak bisa menggunakan komputer karena selalu muncul error ini saat masuk ke Windows.

windows-bsod-aswsp-sys

Blue Screen ini secara spesifik hanya terjadi pada anda yang menggunakan antivirus keluaran Avast, baik gratis maupun berbayar. Sekarang kita berkenalan dulu dengan penyebabnya yaitu aswSP.sys ini adalah file yang berasal dari Avast! Antivirus System yang crash. Apa yang membuat crashnya antivirus Avast ini? Ini bisa disebabkan:

  • Kesalahan dalam pemograman dalam Avast! Antivirus System.
  • Kerusakan pada instalasi Windows atau Avast! Antivirus System.
  • Cacatnya hardware di komputer anda.
  • Virus atau malware lain yang sengaja merusak Avast! Antivirus System.

Cara mengatasi rusaknya aswSP.sys ini adalah dengan menghapus atau instalasi ulang Avast! Antivirus System. Karena kita tidak bisa menghapus instalasi Avast melalui booting Windows normal, kita harus menggunakan Safe Mode.

windows-safe-mode-selection

Anda bisa mencoba untuk meng-uninstall Avast! Antivirus System dalam mode Safe Mode ini, kalau gagal atau ada masalah gunakan saja tool penghapus instalasi Avast. Jalankan aswclear.exe dalam Safe Mode juga, setelah selesai segera restart komputer anda dan masuk ke Windows secara normal.

Apa yang seharusnya dilakukan kalau berhasil masuk ke Windows kembali? Anda bisa menginstall Avast lagi bila menginginkan atau menggunakan antivirus alternatif lainnya. Saran saya sih gunakan saja yang lain, daripada nanti anda mengulangi kembali proses diatas.

Tulis komentar...