Cara memperbaiki Post Editor WordPress yang rusak

Last Updated on Mei 4, 2014

Kemarin saya pernah mengalami saat membuat posting baru di WordPress tapi tulisan yang diketik tidak terlihat (warna teks menjadi putih) dan toolbar editor post di WordPress juga hilang. Masalah ini bukannya membuat saya tidak bisa menulis karena posting masih bisa disimpan dan dipublikasikan, tapi karena tampilan editornya rusak jadi agak merepotkan karena tidak bisa langsung dibaca hasilnya.

Karena tombol – tombol di editor WordPress menjadi tidak ada mengakibatkan beberapa fitur pengaturan teks, kode HTML dan shortcode WordPress juga harus diketik secara manual. Ini yang membuang – buang waktu karena harus mengingat apa saja kode manualnya. Untuk membaca tulisannya saja saya terpaksa melakukan blocking seluruh teks supaya bisa terbaca.

wordpress-editor-broken

Akhirnya saya putuskan untuk memperbaiki instalasi WordPress saya karena jelas ini akan sangat mengganggu ke depannya. Setelah saya mencari solusi untuk rusaknya editor WordPress ternyata masalah ini disebabkan oleh rusak atau korupnya folder wp-includes dan wp-admin beserta isinya. Sebenarnya bisa salah satu, tapi daripada repot saya sebutkan keduanya untuk diperbaiki sekaligus.

Cara memperbaiki hilangnya toolbar di Visual dan Text Editor WordPress ini sungguh mudah, gunakan FTP untuk mengakses hosting anda dan hapus folder wp-admin dan wp-includes. Setelah itu upload 2 folder tadi dari installer WordPress terbaru dari WordPress.org.

winscp-ftp-wordpress

Jadi maksud saya untuk mengatasi errornya editor WordPress adalah dengan menggantikan kedua folder tersebut dan isinya dari sumber lain yang tidak rusak. Benar saja, langsung editor saya kembali ke normal. Memang kerusakan editor ini bisa terjadi karena instalasi WordPress baru atau update versi WordPress, jadi jangan panik dulu.

83 pemikiran pada “Cara memperbaiki Post Editor WordPress yang rusak”

  1. semua cara sdah sya lakukan dari hard refres upload ulang wp-admin dan wp-include nonaktifkan plugin. tinggal install ulang wordpress tapi takut data postingan hilang 🙁

    Balas
  2. Dear Admin,
    Saya sedang mengalami masalah. Post Editor WordPress saya tampilan daftar tulisan yang sudah diupload menjadi vertikal. saya sudah coba dengan mengikuti saran utekno dengan mengganti file wp-admin dan wp-included. saya juga sudah ctrl f5. tapi tampilannnya masih brantakan. tolong sarannya. terima kaish.

    Balas

Tinggalkan komentar