Cara memperbaiki Post Editor WordPress yang rusak

Kemarin saya pernah mengalami saat membuat posting baru di WordPress tapi tulisan yang diketik tidak terlihat (warna teks menjadi putih) dan toolbar editor post di WordPress juga hilang. Masalah ini bukannya membuat saya tidak bisa menulis karena posting masih bisa disimpan dan dipublikasikan, tapi karena tampilan editornya rusak jadi agak merepotkan karena tidak bisa langsung dibaca hasilnya.

Karena tombol – tombol di editor WordPress menjadi tidak ada mengakibatkan beberapa fitur pengaturan teks, kode HTML dan shortcode WordPress juga harus diketik secara manual. Ini yang membuang – buang waktu karena harus mengingat apa saja kode manualnya. Untuk membaca tulisannya saja saya terpaksa melakukan blocking seluruh teks supaya bisa terbaca.

wordpress-editor-broken

Akhirnya saya putuskan untuk memperbaiki instalasi WordPress saya karena jelas ini akan sangat mengganggu ke depannya. Setelah saya mencari solusi untuk rusaknya editor WordPress ternyata masalah ini disebabkan oleh rusak atau korupnya folder wp-includes dan wp-admin beserta isinya. Sebenarnya bisa salah satu, tapi daripada repot saya sebutkan keduanya untuk diperbaiki sekaligus.

Cara memperbaiki hilangnya toolbar di Visual dan Text Editor WordPress ini sungguh mudah, gunakan FTP untuk mengakses hosting anda dan hapus folder wp-admin dan wp-includes. Setelah itu upload 2 folder tadi dari installer WordPress terbaru dari WordPress.org.

winscp-ftp-wordpress

Jadi maksud saya untuk mengatasi errornya editor WordPress adalah dengan menggantikan kedua folder tersebut dan isinya dari sumber lain yang tidak rusak. Benar saja, langsung editor saya kembali ke normal. Memang kerusakan editor ini bisa terjadi karena instalasi WordPress baru atau update versi WordPress, jadi jangan panik dulu.

83 pemikiran pada “Cara memperbaiki Post Editor WordPress yang rusak”

    • Selamat siang Deny, sudah mencoba melakukan hard reload halamannya? Tekan tombol CTRL+F5 supaya browser anda tidak mengambil file dari cachenya melainkan dimuat ulang lagi dari website tersebut.

      Kalau masih bermasalah juga silahkan coba matikan seluruh plugin dan cek lagi apakah masih tidak muncul, biasanya plugin shortcode bisa konflik dengan TinyMCE (Editor teks WordPress) setelah diupdate.

      Solusi terakhir terpaksa anda harus menginstall ulang WordPress, jangan lupa membuat backupnya dulu dan kemudian direstore nanti seluruh datanya.

    • Selamat malam Faisal, semua folder dan isi file dari wp-admin dan wp-include sudah dioverwrite dengan yang baru?

      Sudah coba di hard reload browsernya? Tekan CTRL+F5.

      Kalau masih bermasalah bisa diberikan link screenshotnya, takutnya berbeda penyebab errornya.

      Sedangkan backup tidak perlu dilakukan kalau hanya mengganti isi dari wp-admin dan wp-include. Tapi daripada backup secara manual melalui cPanel anda bisa menggunakan plugin Duplicator untuk WordPress. Ambil database dan isi dari wp-upload saja kemudian reinstall WordPress anda kalau mau mengulangi dari awal tanpa kehilangan konten.

  1. Terima kasih tanggapannya. Permasalahan ternyata gara2 plugin wp super edit. Setelah di deactivate langsung muncul icon di visual editor

    Balas
    • Sama – sama mas, terimakasih juga ditambahkan penyebab dan solusi untuk masalah yang sama. Saya belum pernah menggunakan plugin tersebut soalnya.

  2. maaf mau tanya gan, ini saya pakai wordpress gratisan dan sebagian tulisan saya tidak terlihat sudah saya betulkan melalui teks html nya tetep tidak bisa, gimana yah gan solusinya? terima kasih.

    Balas
    • Selamat pagi Argeth, ini yang tidak muncul pada post editornya atau hasil publikasi postingnya? Menggunakan WordPress.com maksudnya? Sementara terpikir kalau ini masalah formatting HTML atau CSSnya. Bisa diperlihatkan screenshotnya?

    • terima kasih reply nya mas chandra
      jadi mas saat saya nulis menggunakan angka maka dalam 1 baris itu tulisan tidak terlihat semua mas, itu terlihatnya hanya di post editor versi html ajah, di post editor biasa apalagi saat di publish tidak terlihat mas, begitu.. mohon solusinya mas, terima kasih banyak sebelumnya

    • Wah… baru tahu saya anda kasus semacam ini mas, kalau solusi yang saya berikan diatas tidak bisa saya cuma terpikir ini masalah pada shortcode atau filter WordPress. Ini menggunakan WordPress.com atau WordPress.org mas?

  3. saya mau nanya, pada saat saya mau mosting tulisan setelah itu saya terbitkan, terus saya mencoba untuk melihat hasil postingan saya, ternyata tidak muncul, solusinya bagaimana ya…????

    Balas
    • Halo, ini menulis posting atau page? Sudah dicek melalui link View (Tampilan) pada daftar posting?

      Masalah seperti ini faktornya cukup banyak sih mas, bisa karena WordPressnya rusak atau kesalahan struktur halamannya. Ini menggunakan WordPress hosting sendiri atau di WordPress.com?

  4. saya mengalami hal yang serupa mas candra saya sudah tanya sana sini tetapi tidak ada satupun yang bisa ..saya sudah 3 minggu tidak posting blog saya..mohon bantuanya

    Balas
    • Halo, wah… serupanya seperti apa mas ya? Haha… ini bisa disebabkan tema dan plugin terpasang. Coba dituliskan anda menggunakan theme apa yang aktif dan daftar pluginnya. Siapa tahu ada konflik. Saya cuma terpikir diagnosa dulu bagaimana situs WordPress strukturnya kalau semua solusi yang saya tuliskan diatas gagal.

  5. setelah 10 hari ane berkutat ama ni masalah.. setelah mengikuti trik diatas yg ganti folder.. dan alhamdulilah berhasil 1000000%%%% tengkiyu informasinya sangat bermanfaat

    Balas
    • Halo Dy, ini anda menggunakan WordPress.com atau hosting sendiri? Yang tidak muncul postingannya atau tulisan dalam posting?

  6. gan aye deactivate dulu semua plugin trus tekan ctrl+f5 akhirnya bisa muncul, setelah tuh aye activate lagi semua plugin, aye tekan lagi ctrl+f5 tetap bisa juga muncul. terima kasih gan dah sangat membantu 🙂

    Balas
    • Sama – sama mas Fajran, itu memang biasanya masalah konflik script CSS/JS. Apalagi kalau sudah dicache browser jelas sulit melihat berhasil diperbaiki atau belum. Karena itu wajib hard reload (CTRL+F5) supaya tidak dimuat dari cache. Membersihkan isi plugin cache WordPress kadang membantu juga.

  7. Halo jika menghapus wp admin dan wp include apakah harus back up dlo atau tidak berpengaruh terhadap isi website?atau asal saja kita ganti tidak berpengaruh?terima kasih

    Balas
    • Selamat sore Helmi, saya menganjurkan kalau mau mengedit apapun sebaiknya dibackup dulu. Walau hal sesepele apapun itu.

      Tapi yang anda tanyakan memang kedua folder diatas kalau dihapus semua isinya tidak berpengaruh terhadap konten WordPress, semuanya di database kok.

    • Halo DH, sudah coba copy-paste file WordPress dari instalasi baru ke hosting anda mas? Kadang memang bisa korup dan perlu direplace.

  8. Wah, ane ga pake file hosting, gan. Setelah ane coba me-hard reload, toolbar editor-nya udah muncul, tapi sekarang malah di visual-nya ga muncul kode2 HTML. Gimana ini, gan?

    Balas
  9. Sek, Sori, file hosting itu semacam google drive dsb kan? Tulisan atau data2 di wordpress ane simpen di hard drive atau ane tulis langsung di wordpress nya.

    Balas
    • Ahaha… mboten nopo – nopo mas. 😀 Maksud saya ya diupload ke hostingnya, ya cPanel itu mas lewat FTP. Nanti dioverwrite file – filenya. Setelah itu hard reload lagi.

  10. saya pakai wordpress mas, saat mau add post, loadingnya lama bahkan super lelet sampai berjam – jam dan saat loading tersebut jik kita menulios pada postingan tidak akan muncul kecuali di blok sama seperti yang ms lakukan di ats.
    mohon solusinya mas

    Balas
  11. ,, makasih banget om,, soalnya saya sempat panik,,,,,, yang pertama saya lakukan cara yang termudah yang bang admin sarankan,, Ctrl + F5…. taraaaa langsung muncul visual editornya,, makasih banyak ya bang 🙂 sukses selalu buat bang admin

    Balas
  12. saya mengalami ini om,,,kemarin berhasil pakai cara ini,… tp pagi ini balik lagi kek gini lagi! kira kira kenapa ya ?

    oh ya nanya juga … seting gambar pada artikel kalau di buka biar bisa buka medianya gimana ya ?
    jadi punya saya itu kalau di klik gambar, jadi 1 halaman penuh muncul gambar…dengan kata lain url gambarnya yang kebuka

    Balas
    • Halo, wah.. coba timpa file – filenya atau install ulang WordPressnya mas.

      Itu coba nonaktifkan tautan saat mengupload mas, di sebelah kanan setelah anda upload gambar akan ada pilihannya mau dilink kemana. Kemudian agar bisa menampilkan jendela popup untuk image viewer tambahkan plugin berjenis Lightbox atau semacamnya.

    • ternyata udah sukses pak masalah lightbox,,, gambarnya udah bisa popup,,,
      tinggal halaman postingnya yang masih sering ngeblank,,,
      aduh,,, ghini nih malesnya pakai wordpress…
      mungkin karena ip indonesia ya…
      saya skrng masalah edit mengedit postingan harus pakai RDP,,, aman dan lancar jaya

    • Heh… anda hosting dimana mas? Coba matikan plugin – pluginnya semua dan ganti ke tema defaultnya. Kalau normal berarti ada plugin atau tema yang tidak kompatibel.

  13. Terimakasih mas chandra, cara CTRL+F5 berhasil kembalikan lembar edit postingan yang blank..

    untuk teman-teman yang mengalami masalah yang sama coba pakai cara di atas, masuk ke —> Pos –> Semua Pos –> pilih salah satu postingan yang sudah pernah terbit lalu pilih –>sunting..saat berada di halaman sunting pos inilah coba teman-teman hard reset tekan CTRL+F5 browser akan reload..jika berhasil, halaman edit pos yang sebelumnya yang hanya warna putih dan garis-garis merah (blank) akan muncul tulisan atau gambar yang sudah pernah di tulis sebelumnya..

    Balas
    • Mas masih bisa menyimpan konsep tidak? Ini macam – macam mas penyebabnya, tidak ada satu solusi pasti.

  14. Saya mengalami al yang sama dengan mas crborid diatas, tidak bisa creat new post, bakan tidak bisa edit post yg suda ada. Deactivate plugin suda dan ctr+f5 juga suda, tapi masi tetep gk bisa mas.

    Balas
  15. Alhamdullilah, web saya problem bila posting tidak muncul, tapi setelah membaca artikel Agan…..ternyata berhasil…..terimakasih ya

    Balas
  16. Saya pengguna wordpress baru. Saya menggunakan beberapa domain self-hosted dan masing-masing terhubung dengan cms wordpress namun semua domain yang saya punya bermasalah pada visual-editor wordpress yang tidak menampilkan apa-apa. Saya sudah mengikuti cara yang diatas namun ada kegagalan dalam update file barunya. Mohon bantu gan, terimakasih sebelumnya.

    Balas
    • Gagal saat mengunggah file wp-admin sama wp-includenya, hampir satu jam tapi browser tetep ngeloading dan gak ngehasilin apa-apa. Filenya harus zip/rar ya?

    • Maaf saya masih kurang paham 😀
      Yang diunggah file .php yang di dalam wp-admin&include? Atau yang di luar folder?
      Mohon detailnya, terima kasih.

    • Oh santai mas.

      Gini, seluruh isinya mas yang diupload pada folder wp-admin dan wp-include. Tujuannya sederhana: file yang sama akan diganti ke versi yang asli.

  17. Gan, ane udah ikutin cara diatas, matiin semua plugin, sama udah hard refresh, tapi tetep gabisa juga visual editornya, kira-kira masalahnya ada dimana ya?

    Balas
    • Dari awal atau tiba – tiba rusak mas?

      Kalau install ulang WPnya dari nol kemudian restore postingnya sudah coba?

  18. Saya ada saran kang Chandra.
    3 hari lalu saya ngalamin kasus ini, terus saya baca tulisan di halaman ini.
    Mau coba tapi belum sempat… Eh, barusan saya reinstall versi WP dari dashboard, dan ternyata editor pos saya udah normal lagi.
    Btw, makasih ya!

    Balas
    • Haha 😀 Yang di halaman Pembaruan ya mas? Trims informasinya, saya belum coba tapi masuk akal kalau bisa mengatasinya.

  19. gam, saya newbie nih. mau tanya.
    kalau post editor nya bukan error, tapi masalahnya malaha menu post editornya sendiri yang hilang.
    gimana ya, caranya biar balik?
    udah saya back up datanya, terus re install wordpress nya dari c panel. terus saya restore datanya masih aja nggk ada menu post nya

    Balas
  20. semua cara sdah sya lakukan dari hard refres upload ulang wp-admin dan wp-include nonaktifkan plugin. tinggal install ulang wordpress tapi takut data postingan hilang 🙁

    Balas
  21. Dear Admin,
    Saya sedang mengalami masalah. Post Editor WordPress saya tampilan daftar tulisan yang sudah diupload menjadi vertikal. saya sudah coba dengan mengikuti saran utekno dengan mengganti file wp-admin dan wp-included. saya juga sudah ctrl f5. tapi tampilannnya masih brantakan. tolong sarannya. terima kaish.

    Balas

Tulis komentar...