Cara memperbaiki ?The program can?t start because MSVCR80.dll is missing from your computer.? di Windows

Setiap program di Windows umumnya memiliki dependensi terhadap berbagai macam runtime library, salah satunya adalah Microsoft Visual C++. Kalau pada saat anda menjalankan sebuah program kemudian gagal dan muncul pesan error, ini biasanya disebabkan ada masalah pada pustaka runtimenya.

Salah satu jenis error memiliki pesan kesalahan berikut:
The program can?t start because MSVCR80.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.

Artinya bahwa aplikasi tersebut tidak menemukan file bernama MSVCR80.dll di komputer anda, dan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menginstall ulang programnya. Kalau berhasil maka bagus, kalau tidak apa yang bisa dilakukan?

windows-7-system-32

File MSVCR80.dll adalah salah satu file yang terdapat dalam Microsoft Visual C++ 2005 Redistributable Package, untuk memperbaiki masalah ini cara paling mudah adalah dengan menginstall versi yang diminta. Berikut adalah link downloadnya, pilih yang sesuai dengan jenis Windows anda:

Dimana x86 untuk Windows 32-bit dan x64 untuk Windows 64-bit, jangan sampai salah mendownloadnya. Setelah itu lakukan instalasi dan restart Windows setelahnya, seharusnya error MSVCR80.dll is missing tidak muncul lagi.

2 pemikiran pada “Cara memperbaiki ?The program can?t start because MSVCR80.dll is missing from your computer.? di Windows”

  1. Saya pernah mengalami hal serupa hingga selalu gagal dalam menginstal software dengan kemunculan pesan kesalahan “the appication or DLL (msvcr80.dll) is not a vaid window image”. Ternyata itu disebabkan oleh file itu yg korup. Tapi kemudian saya bisa mengatasi dg langkah2 sbb:

    1) search file msvcr80.dll di c:\
    biasanya akan ditemukan lebih dari 1 sub-dir yg berisi file msvcr80.dll.
    penyakitnya adalah file msvcr80.dll korup hingga ukurannya menjadi 0 byte.
    ternyata di dalam sub-dir, terdapat 2 file dll lain yg berukuran 0 byte.

    dari hasil search di atas, carilah file msvcr80.dll dan 2 file dll lainnya tadi (di sub-dir yg ada)
    yg tidak korup, ukurannya <> 0 byte.

    2) kopikan (timpa) 3 file yg tidak korup itu ke sub direktori yang berisi 3 file dll yg korup.

    Solusi ini juga ampuh untuk masalah dengan gejala munculnya
    pesan kesalahan yg terkait dengan korupnya file mfc80u.dll

    Balas

Tulis komentar...