Cara memperbaiki “The program can’t start because MSVCR90.dll is missing from your computer.” di Windows

Pagi yang cerah ditemani pesan error saat menjalankan program tampaknya bukan pertanda baik dalam mengawali hari. Kali ini saya akan membahas masalah yang muncul saat berusaha menggunakan sebuah program di Windows, seperti yang sudah sering saya bahas sebelumnya.

Pesan kesalahan yang muncul secara lengkap adalah sebagai berikut:
The program can’t start because MSVCR90.dll is missing from your computer.
Try reinstalling the program to fix the problem.

Kalau dibaca sih artinya sudah jelas, bahwa ada file bernama MSVCR90.dll hilang atau tidak ditemukan di Windows. Disarankan anda menginstall ulang software yang bermasalah tersebut. Kalau sukses bagus, kalau tidak maka nasib anda sama seperti saya dan akan saya tuliskan cara yang ditempuh untuk mengatasi MSVCR90.dll is missing ini.

windows-7-system-32

File MSVCR90.dll terdapat dalam salah satu versi Microsoft Visual C++ Runtime Library, lebih tepatnya adalah edisi tahun 2008. Jadi solusi untuk memperbaikinya cukup jelas. Anda cukup melakukan instalasi versi Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable yang diminta, tentunya download yang sesuai dengan jenis Windows anda. Berikut adalah link downloadnya:

Kode x86 adalah untuk Windows 32-bit dan x64 untuk 64-bit, jangan sampai salah unduh. Setelahnya segera lakukan instalasi dan supaya pasti restart komputer anda sekalian. Baru jalankan program yang bermasalah tadi sekarang, mestinya bisa dijalankan tanpa muncul lagi errornya.

Tulis komentar...