Cara menambahkan ekstensi file pada kategori download Internet Download Manager

Sebenarnya IDM (Internet Download Manager) sudah memiliki kemampuan yang cukup baik mengenali jenis file yang didownloadnya. Karena memang sebagian besar pengguna IDM mendownload kategori file – file tertentu saja seperti video. Tapi bukan berarti semua jenis file akan dikenali oleh IDM. Anda bisa menambahkan ekstensi file supaya IDM mengenali lebih banyak lagi jenis file dan otomatis meletakkan hasil downloadnya pada lokasi yang tepat sesuai kategorinya.

Langsung saja akses menu Downloads dan klik Options.

idm-downloads-options

Pindahkan tab konfigurasi IDM ke Save to. Anda bisa mengubah folder tempat penyimpanan hasil unduhan IDM atau menambahkan kategori baru.

idm-configuration-save-to

Ada beberapa kategori download yang tersedia disini dan dibedakan dengan ekstensi filenya. Berikut adalah penjelasan mengenai 6 kategori download default di IDM:

  • General – Merupakan lokasi penyimpanan file – file yang tidak termasuk kategori lainnya.
  • Compressed – File – file bertipe arsip atau dikompres, defaultnya IDM mengenali ekstensi berikut : zip rar r0* r1* arj gz sit sitx sea ace bz2 7z.
  • Documents – File – file yang biasa digunakan sebagai format dokumen, umumnya Microsoft Office. Ekstensi yang dikenali secara default: doc pdf ppt pps.
  • Music – File lagu dan musik dengan ekstensi default berikut: mp3 wav wma mpa ram ra aac aif m4a.
  • Programs – File software, aplikasi atau program dengan ekstensi berikut: exe msi.
  • Videos – File video, film, klip dan sebagainya menggunakan ektensi file: avi mpg mpe mpeg asf wmv mov qt rm mp4 flv m4v webm ogv ogg.

Anda bisa menambahkan ekstensi lainnya dalam kategori yang anda tentukan dengan klik Edit dan isikan ekstensi baru untuk kategori tersebut, dipisahkan dengan spasi bila lebih dari 1.

idm-editing-category

Sebelumnya kalau ada ekstensi file yang tidak diketahui IDM akan diletakkan dalam folder General. Jika anda menambahkan ekstensi tersebut di kategori yang benar maka akan otomatis didownload ke folder kategori tersebut.

Tulis komentar...