Cara menambahkan smilie di XenForo

XenForo merupakan salah satu software forum berbayar modern yang mulai populer digunakan di berbagai komunitas di Indonesia, dan ini terlihat dari desain tampilan dan fitur – fiturnya. Salah satu yang terlihat cukup berbeda dan lebih elegan adalah smilie (atau emoticon istilah lainnya) defaultnya, tapi kalau dihitung cuma ada 11 buah saja – jelas kurang untuk mengekspresikan berbagai macam emosi saat berdiskusi. 🙂

Tentu saja solusinya adalah dengan menambahkan smilie baru di forum XenForo kita, dan caranya sangatlah mudah. Silahkan akses halaman administrasi forum anda (lokasinya ada di [nama_domain]/admin.php) dan pada dasbor Admin akan muncul setting Smilies.

xenforo-admincp

Akan muncul daftar smilie yang aktif dalam forum anda, untuk membuat smilie baru klik saja Add New Smilie, bisa yang diatas maupun dibawah – bedanya adalah kategori smilie nantinya, dan bisa dipindah – pindah setelah ditambahkan kok. 🙂

xenforo-smilies-settings

Langsung saja akan saya jelaskan apa saja yang diisikan nantinya pada halaman Create New Smilie:

xenforo-create-new-smilie

  • Title: Judul dari smilie anda, ini adalah teks yang muncul saat kursor mouse berada diatas gambar smilie.
  • Text to Replace: Tulisan apa yang akan digantikan dengan smilie, contohnya :ninja: akan memunculkan smilie dengan bentuk ninja atau 🙂 akan memunculkan senyum. Anda bisa menambahkan lebih dari satu teks disini, pisahkan dengan ENTER.
  • Image Replacement URL: Lokasi atau URL dari file gambar.
  • Smilie Category: Kategori dari smilie, biarkan saja kosong kalau tidak tahu.
  • Display Order: Urutan ditampilkannya smilie pada editor teks XenForo, semakin kecil nilainya maka semakin awal posisinya.
  • Show this smilie in the text editor: Apakah smilie tersebut akan dimunculkan dalam editor teks.

Selanjutnya adalah setting opsional:

xenforo-create-new-smilie-sprite

  • Sprite Mode: Di XenForo kita bisa menggunakan hanya satu gambar yang berisi banyak smilie, ini lebih optimal karena pengunjung hanya perlu mendownload satu kali saja. Aktifkan bila memang smilie anda seperti ini atau menggunakan default milik XenForo.
  • Sprite Dimensions: Ukuran smilie dalam satuan pixel.
  • Sprite Position: Posisi smilie dalam gambar menggunakan koordinat.

Setelah anda memasukkan data – data yang diminta maka bisa disimpan dengan klik Save Smilie, atau menghapusnya dengan Delete Smilite.

Oh ya di XenForo sebenarnya ada total 35 smilie default, tapi cuma dimunculkan 11 – jadi sisanya adalah rahasia dan perlu diaktifkan secara manual. 😉

Tulis komentar...