Cara menampilkan ekstensi file di Windows 7

Secara default Windows 7 hanya akan menampilkan nama file saja tanpa menyertakan ekstensinya, ini bisa membingungkan kalau ternyata file tersebut aslinya memiliki format file yang berbeda dengan ekstensi yang diberikan – atau ada yang berniat buruk dengan menyembunyikan atau menggunakan jenis ekstensi yang salah.

Solusi paling baik adalah dengan selalu memunculkan apa jenis ekstensinya di Windows Explorer, ini akan memudahkan kita mengetahui apakah file tersebut aman atau tidak, minimal ekstensi yang digunakan sudah tepat. Caranya cukup mudah, pertama akses dulu Control Panel – anda bisa mengaksesnya dari Start Orb (Menu) Windows 7.

windows-7-start-control-panel

Selanjutnya cari Folder Options di Control Panel.
windows-7-control-panel-folder-options

Pada jendela Folder Options pindahkan tab ke View, dan hilangkan centang pada “Hide extensions for known file types”. Klik OK untuk menerapkan perubahan konfigurasinya.

windows-7-folder-options-file-extension

Sekarang pada tampilan nama file akan selalu disertai tipe filenya, jadi walaupun ada yang menggunakan metode ekstensi ganda untuk mengelabui Windows Explorer akan tipe file sesungguhnya maka akan langsung diketahui dengan mudah. Jangan lupa gunakan software antivirus yang baik untuk mengamankan komputer anda.

Tulis komentar...