LOADING

Type to search

Hardware Windows

Cara mencari driver hardware menggunakan DevID

Driver merupakan salah satu hal yang paling vital dalam proses penginstalan. Banyak orang berpikir driver lebih sulit di cari daripada instalasi windows. Hal tersebut sangat wajar dalam mencari driver kita harus tahu seri laptop atau hardware, mencari situs download driver notebook atau hardware tersebut, kemudian mendownload satu per satu driver yang dibutuhkan. Namun hal tersebut juga tidak mudah sering kali dalam satu kategori (biasanya network) banyak pilihan yang ditampilkan. Tentu banyak orang akan bingung driver mana yang harus di download dan akhirnya mendownload semua pilihan yang ada kemudian di coba satu per satu hingga sukses.

Mengetahui driver hardware bermasalah dengan Device Manager

Apakah ada cara lain untuk mencari driver? Tentu saja ada, namun cara ini hanya berfungsiuntuk mencari driver utama yang tampak di Device Manager. Kalau satu jenis laptop umumnya memiliki  halaman tersendiri berisi seluruh driver – drivernya yang bisa diunduh, sedangkan driver yang lain atau hardware tertentu di computer rakitan tetap harus mendownload dari situs dari hardware atau laptop tersebut. Bagaimana caranya? ikuti saja cara di bawah ini.

Cara masuk Device Manager:

  1. Windows 7 : Tekan tombol windows kemudian ketik Device Manager, setelah itu klik.
    windows-7-start-menu-search-device-manager
    Windows 8 : Hampir sama dengan windows 7, pada start menu tinggal ketik saja Device Manager, setelah itu klik.
  2. Jika posisi komputer mau di install atau habis install ulang biasanya akan muncul tanda tanya di beberapa driver, seperti gambar di bawah. Akan muncul icon tanda tanya disebelah nama hardware yang bermasalah drivernya, atau akan muncul tulisan “Unknown Devices” kalau tidak dikenali.
    windows-7-device-manager-unknown-driver
  3. Nah coba klik kanan pada driver yang masih tanda tanya, kemudian klik Properties.
    windows-7-device-manager-properties
  4. Klik Details, kemudian di Property cari Hardware Ids dan pilih.
    windows-7-device-manager-properties-details
  5. Setelah itu Hardware Ids akan mengeluarkan beberapa Value, pilih yang atas sendiri (paling panjang) klik kanan dan copy.
    windows-7-device-manager-properties-hardware-ids

Mencari driver hardware bermasalah dengan DevID

Nah dengan Hardware Ids ini kita bisa tau driver apa yang kita butuhkan, salah satu situs yang lumayan untuk mencari driver berdasarkan value adalah DevID.

  1. Buka situs tersebut kemudian pada kolom search paste-kan Hardware Ids yang telah di copy dan search.
    devid
  2. Jika situs DevID sudah menyediakan driver berdasarkan Hardware Ids tersebut, maka secara otomatis akan keluar beberapa pilihan driver, seperti pada gambar. Pilih versi Windows yang sesuai, kemudian klik salah satu driver (biasanya atas sendiri untuk memudahkan) untuk memulai step pertama dalam mendownload driver.
    devid-search-hardware-ids-result
  3. Step kedua klik file di sebelah Original file.
    devid-driver-download-original-file
  4. Nah di step yang ketiga alias terakhir cari file di sebelah mirror 1 dan klik untuk mendownload driver.
    devid-driver-download-mirror-1

Namun tidak semua driver tersedia di situs ini, jika tidak ada coba cari di bang Google dengan menggunakan Hardware Ids yang telah di copy. Biasanya bang Google akan menampilkan beberapa situs yang menyediakan atau membahas driver tersebut. Cara ini cocok untuk mencari update driver terbaru atau membuat backup driver hardware anda kalau CD/DVD driver anda hilang.

Semoga Bermanfaat.

Tags

Tulis komentar...