Cara mencari file yang menghabiskan disk space hosting di cPanel

Ini baru saja terjadi pada salah satu hosting website saya, tiba – tiba penggunaan kapasitas disk space meningkat jauh. Dari yang sebelumnya cuma sekitar 740MB termasuk backupnya, sekarang meledak menjadi 4354MB atau 4,35GB. Ya anda tidak salah baca, 4,35 GigaByte disk space telah saya gunakan sejak terakhir saya mengeceknya kurang lebih 1 minggu sebelumnya.

Apa yang terjadi dalam 1 minggu ini dan file – file apa saja yang bertanggung jawab? Silahkan ikuti petualangan saya melacak file – file pelaku yang memakan habis kapasitas disk space hosting.

Pertama tentu loginlah ke akun cPanel anda, silahkan anda perhatikan berapa disk space yang ditempati website anda dan berapa kuota disk space yang diberikan oleh hosting anda di Stats pada bagian kiri.
cpanel-disk-space-usage-before

Kemudian pindah ke bagian Files dan klik Disk Space Usage.
cpanel-files

Pada bagian “The bars in the graph represent disk usage figures relative to the largest directory, not according to a fixed scale.” lihatlah grafik penggunaan disk space yang dibagi per direktori. Jangan langsung diklik lokasi yang memakan disk space tersebut, geser halaman kebawah.
cpanel-disk-space-usage-bar

Disini anda bisa mencari tahu lebih detail lokasi tepatnya, klik tombol plus [+] di sebelah nama direktori. Dalam kasus saya ternyata file – file yang membengkak ini terletak pada direktori wp-admin yang merupakan bagian dari instalasi WordPress. Klik pada link wp-admin untuk membuka cPanel File Manager ke lokasi tersebut secara otomatis.
cpanel-disk-space-usage-detail

Pada File Manager lihat file – file yang tidak wajar yang terdapat dalam direktori hosting anda, dalam contoh ini saya menemukan file dnegan nama core dan disusul dengan angka acak, tipe filenya adalah text/x-generic. Ukuran file misal core.39722 bisa mencapai 166.72MB!
cpanel-file-manager

Saran saya buatlah ticket ke support hosting anda untuk menanyakan kenapa file – file tersebut muncul di hosting anda. Anda juga bisa langsung menghapusnya karena tidak ada efek negatif bila semuanya dihapus.
cpanel-file-manager-delete-files

Wah… sekarang disk space hosting anda akan lebih lega.
cpanel-disk-space-usage-after

Berikutnya apa fungsi file dengan nama core ini dan kenapa jumlahnya banyak sekali? File – file ini adalah core dumps yang berisi peta memori saat php mengalami masalah atau crash. Setiap kali terjadi maka akan dibuat core dump ini, dan seharusnya tidak muncul di hosting anda. Karena itulah saya menyarankan anda menyampaikan pertanyaan ke web hosting yang anda gunakan.

14 pemikiran pada “Cara mencari file yang menghabiskan disk space hosting di cPanel”

    • Halo Ahmad, tidak kena suspend mas cuma tidak bisa membuat file baru saja dan saya dapat email peringatan. WordPressnya jadi error karena cachenya tidak berjalan.

      Itu lega mas, perhatikan simbol komanya. Kalau Amerika pakai . untuk koma, sedangkan satuan ribuan pakai , jadi ini terbalik dengan Indonesia mas. 🙂

  1. Halo gan, kebetulan saya juga sedang mengalami masalah yang sama, dan thanks banget nih tutorialnya.

    Setelah aku ikuti cara di atas, ternyata yang memakan disk space bertuliskan “Files in hidden subdirectories.” Kemudian aku scroll ke bawah, dan direktori yang mempresentasikan ukuran yang sama persis di direktori .cagefs – tmp.

    Sampai di direktori tmp, aku klik lagi dan menemukan direktori lshttpd dengan keterangan Owned by “root” dan ukurannya kok 0. Ini yg jadi masalah apa ya gan kira-kira? Thanks

    • Halo Agung, kalau file di tmp itu isinya cache dari website anda mas. Sering berubah – ubah ukurannya tergantung kebutuhan. Dan mas tidak bisa hapus karena tidak memiliki hak akses yang tinggi. Shared hosting memang serba terbatas.

  2. terima kasih gan berkat artikel agan di atas disk di capnel ane jdi aman kode core nya sudah sy hapus semuana,,,terima kasih sangat membatu sekali

  3. kalau keteranga “Files in hidden subdirectories kok tidak bisa di klik dan di hapus ya mas, mohon pencerahannya

Tulis komentar...