Cara mendaftarkan sitemap website di Google Webmaster Tools

Mendaftarkan website anda ke Google Webmasters tidaklah lengkap apabila anda tidak memanfaatkan tool pengolahan sitemap yang disediakan. Sitemap dari website anda berguna sesuai namanya yaitu peta dari situs, peta ini dipergunakan sebagai panduan terhadap search engine seperti Google apa saja halaman web yang terdapat dalam website anda. Hal ini berpengaruh seberapa cepat dan seberapa banyak Google meng-index seluruh website anda.

google-webmasters-sitemaps-content

Bisa dilihat bahwa dengan mendaftarkan sitemap ke Google Webmasters memiliki efek positif, tentu lebih baik kita memanfaatkannya. Silahkan anda mendaftarkan website anda ke Google Webmasters bila belum, jika sudah langsung saja akses halaman Google Webmasters. Pilih properti website anda untuk mengaturnya.

google-webmasters-manage-site

Buka menu Crawl dan pilih Sitemaps.

google-webmasters-menu-crawl-sitemaps

Sitemap untuk website anda masih kosong, klik “ADD/TEST SITEMAP” untuk menambahkan sitemap website anda.

google-webmasters-sitemaps

Isikan dengan alamat lokasi xml sitemap website anda, biasanya berada pada nama-domain-anda.com/sitemap.xml atau bagi pengguna plugin Yoast WordPress SEO di nama-domain-anda.com/sitemap_index.xml. Bila anda menggunakan CMS untuk website anda, pastikan kemampuan membuat xml sitemap diaktifkan atau dengan bantuan plugin.

google-webmasters-add-test-sitemap

Silahkan anda uji dulu apakah lokasi sitemap anda bisa diakses dan valid isinya dengan menekan “Test Sitemap”, tunggu sesaat untuk melihat hasil tes sitemap anda.

google-webmasters-testing-sitemap

Apabila gagal maka akan muncul pesan sebagai berikut lengkap dengan apa kesalahannya:

google-webmasters-sitemap-test-error

Dalam hal ini adalah General HTTP error: 404 not found jadi sitemap anda tidak ditemukan. Bila uji sitemap berhasil maka akan muncul pesan berikut beserta informasi singkat mengenai sitemap website anda:

google-webmasters-sitemap-test-success

Setelah memastikan bahwa xml sitemap website bisa diakses dan bekerja dengan benar, silahkan anda daftarkan dengan klik pada “Submit Sitemap”. Klik “Refresh the page” untuk melihat data mengenai sitemap yang baru saja anda masukkan.

google-webmasters-sitemap-submitted

Status dari sitemap yang baru biasanya masih tertuliskan “Pending”, hal ini berarti Google masih mengolah data mengenai website anda berdasarkan informasi tambahan yang diberikan oleh sitemap yang dimasukkan.

google-webmasters-sitemaps-pending

Anda bisa mengetahui lebih lanjut sampai mana proses pengolahan dengan klik pada sitemap website di Google Webmasters, bisa dilihat bahwa masih memiliki status Pending untuk sitemap baru.

google-webmasters-detailed-sitemap-pending

Di bagian ini anda juga bisa melihat error pada sitemap dan index error pada website, jadi anda bisa mengatasi masalah yang dihadapi Google dalam meng-index website anda.

google-webmasters-sitemaps-errors

Proses update data terbaru sitemap biasanya berlangsung beberapa jam, anda tidak perlu sering – sering melihatnya karena tidak ada yang bisa dilakukan untuk mempercepat pembaruan datanya. Yang lebih baik diperhatikan apabila ada error pada sitemap atau index anda, masalah ini akan diperingatkan kepada anda melewati jalur komunikasi yang telah ditentukan atau langsung saja akses Google Webmasters bila anda tipe orang yang proaktif dalam manajemen websitenya.

8 pemikiran pada “Cara mendaftarkan sitemap website di Google Webmaster Tools”

Tulis komentar...