Cara mendaftarkan website ke Google Webmaster Tools

Google Webmasters adalah sekumpulan tool untuk manajemen website dalam optimalisasi search engine. Dengan mendaftarkan situs, anda akan menginformasikan mengenai keberadaan situs anda ke Google sehingga mempercepat proses indexing website anda dalam Google.

Google Webmaster Tools menyediakan laporan dan data mengenai halaman web yang tampil dalam hasil pencarian Google. Dia akan menampilkan kata – kata pencarian yang digunakan dalam menemukan halaman situs anda dan berapa kali diklik. Informasi ini bisa membantu anda memperbarui artikel lama anda, menulis konten baru dan membuat strategi dalam pembuatan konten selanjutnya.
google-webmasters-site-dashboard

Tools yang disediakan Google Webmasters termasuk pendaftaran XML sitemap dari website anda, scan malware yang mungkin ada di website anda, mengatur url yang ditampilkan, melihat berapa halaman yang diindex Google dan masih banyak lagi. Anda juga akan diinformasikan melewati email bila ada masalah pada situs anda yang membuat Google tidak bisa mengakses dan mengindeks isinya.

Memasukkan website anda ke Google Webmaster Tools

Silahkan mengunjungi halaman Google Webmaster Tools dan kemudian sign-in dengan akun Google anda. Setelah itu klik pada “Add a site” dan isi dengan alamat website anda.
google-webmasters-add-a-site

Anda akan dialihkan ke halaman baru untuk verifikasi kepemilikan website yang anda masukkan sebelumnya. Bila anda memiliki akses FTP ke web hosting, lebih baik gunakan verifikasi via file HTML. Download file HTMLnya dan upload ke direktori root website anda menggunakan aplikasi FTP dan? kemudian klik Verify.
google-webmasters-html-verification

Kalau website anda tidak memiliki upload file melalui FTP seperti penggunaan blogspot, tumblr dan wordpress.com, gunakan verifikasi menggunakan meta tag. Contoh meta tag: <meta name="google-site-verification" content="Y1_nV_82eanPSHq1234HHmQE5W3A0FHqgUIJIy-i8s" /> untuk akun saya. Tambahkan tulisan meta tag yang diberikan oleh Google ke dalam tag <head> dan sebelum tag <body> di template website anda. Klik Verify untuk melanjutkan.
google-webmasters-meta-tag-verification

Bila proses verifikasi gagal akan muncul pesan sebagai berikut, pastikan metode yang anda pakai sudah sesuai dengan instruksinya. Bila sudah yakin tidak ada kesalahan silahkan ulangi kembali proses verifikasinya.
google-webmasters-verification-failed

Bila proses verifikasi berhasil maka akan muncul pesan menyatakan bahwa anda telah diverifikasi sebagai pemilik website tersebut.
google-webmasters-verification-success
Sekarang website anda telah terdaftar di Google Webmasters, bila anda mencoba melihat isi dari Google Webmaster Tools untuk website anda kemungkinan besar akan kosong.
google-webmasters-new-site-dashboard

Ini dikarenakan website anda masih baru dan Google masih mengumpulkan data – data mengenai website anda. Silahkan anda tunggu kira – kira satu hari dan ini bisa lebih tergantung popularitas website anda. Selanjutnya anda bisa mendaftarkan sitemap ke Google Webmaster Tools untuk menginformasikan isi dari website anda sehingga mempermudah Google menemukan konten anda.

Tulis komentar...