Cara mendapatkan Application ID dan Secret Facebook

Kalau anda sedang membuat suatu aplikasi atau layanan online yang membutuhkan interaksi dengan akun Facebook maka akan dibutuhkan Application ID dan Application Secret. Saya membutuhkan keduanya untuk mengintegrasikan login menggunakan Facebook di forum berbasis XenForo yang baru saja saya bangun.

Bagaimana cara mendapatkan Application ID dan Application Secret Facebook? Mudah saja kok, pertama anda perlu mengakses halaman Facebook Application, kemudian isikan nama aplikasi dan klik Add a New App untuk menciptakannya. Kalau kebingungan untuk menentukan nama maka isikan saja nama situsnya.
facebook-all-apps

Selanjutnya pilih jenis App yang ingin anda buat, ada 4 pilihannya: iOS, Android, Facebook Canvas dan Website. Saya memilih website karena akan menggunakanya pada forum.
facebook-add-a-new-app

 

Isikan nama app anda kembali dan klik Create New Facebook App ID.
facebook-quick-start-for-website

Pilih jenis kategori app anda, karena saya akan mengintegrasikannya dengan forum maka saya memilih Communication karena tidak ada Community. Langsung saja klik Create App ID.

facebook-create-a-new-app-id

Masukkan alamat situs anda pada bagian Tell us about your website dan klik Next. Untuk mobile site url bisa dikosongi kalau anda tidak memiliki alamt khusus pengunjung yang menggunakan perangkat mobile (handphone, tablet, smartphone, dan gadget semacamnya).
facebook-tell-us-about-your-website

Kemudian geser kebawah sampai anda menemukan Next Steps, langsung saja klik link Skip to Developer Dashboard.
facebook-next-steps

Maka halaman dashboard app yang baru saja anda buat akan terbuka, disini anda akan menemukan App ID dan App Secret (klik Show untuk menampilkannya, nanti akan diminta untuk mengisikan password akun Facebook anda) yang anda butuhkan.
facebook-app-dashboard
Sekarang anda tinggal memasangkannya pada layanan atau app yang membutuhkan integrasi Facebook ini. Mudah bukan? Walau agak sedikit repot prosesnya. 😀

8 pemikiran pada “Cara mendapatkan Application ID dan Secret Facebook”

  1. gan , saya mau tanya, proses yang saya temui sedikit beda dengan pnya agan, tp hasilnya app secret muncul juga.
    setelah saya tempel k web saya, APP ID dan secret, pas d coba login ga bisa.
    pertama keterangannya status dalam pengembangan. di coba lagi, muncul keterangan anda belum login.
    Pas saya cek lagi ke proses di app developer, status saya dalam pengembangan dan request URL kebijakan privasi, itu apa gan?

    Balas

Tulis komentar...