Cara mendapatkan direct link file pada Google Drive

Kalau anda pernah membagikan file dari Google Drive maka secara default saat dibuka dalam browser adalah halaman viewernya. Tapi kalau anda ingin mereferensikan langsung ke dalam filenya tanpa perlu membuka Google Drive maka ada solusi mudah yang bisa dilakukan.

Paling pertama adalah dengan klik kanan pada file atau gambar yang muncul dan kemudian klik Copy Image Location pada Mozilla Firefox atau Copy image address pada Google Chrome. Selesai sudah, anda akan mendapatkan url langsung ke konten yang disimpan dalam Google Drive.

google-drive-direct-image-link

Tapi cara diatas hanya berlaku pada jenis file gambar dan untuk browser desktop saja tampaknya, setidaknya dalam Chrome untuk Android tidak muncul menu yang diharapkan. Dan kasusnya saya malas hidupkan laptop hanya untuk masalah sepele ini. Ternyata ada cara manualnya untuk konversi link share Google Drive ke link langsungnya:

  1. Misal link yang anda dapatkan adalah ini: https://drive.google.com/file/d/q5QgJ0vJt3gbvSQf2u3a/view, kode – kode acak itu adalah id dari filenya.
  2. Maka anda tinggal merename sedikit url yang diberikan menjadi ini: https://drive.google.com/uc?export=view&id=q5QgJ0vJt3gbvSQf2u3a dan filenya akan langsung terbuka dalam browser.
  3. Atau apabila ingin mendownloadnya tinggal modifikasi sedikit lagi: https://drive.google.com/uc?export=download&id=q5QgJ0vJt3gbvSQf2u3a. Cocok kalau tipe filenya bukan gambar, berukuran besar dan ingin diunduh langsung.

Agak repot memang kalau pakai cara manual diatas, tapi works. 🙂 Ada juga cara alternatif yang mengotomatiskan proses diatas, pakai layanan Google Drive Direct Link Generator. Semoga bermanfaat.

Tulis komentar...