Cara mendapatkan domain ccTLD gratis dari Freenom

Nama domain identik dengan identitas pribadi, organisasi atau perusahaan di internet dan sudah wajar bila kita menginginkannya. Domain – domain dengan ekstensi populer seperti .com, .net, .org, .co, .me merupakan jenis domain berbayar. Kalau kita ingin membuat website atau blog tentu harus memiliki nama domain sebagai bukti keseriusan anda dalam mengembangkan situs tersebut. Domain gratis kebanyakan yang didapat adalah subdomain seperti dari co.cc yang sekarang sudah tutup karena penyalahgunaan, co.nr, heck.in dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mendapatkan domain utama secara gratis? Kali ini dari Freenom anda memiliki kesempatan mengklaim domain dengan tipe ccTLD (country code Top Level Domain) yang berarti anda mendapatkan domain tingkat atas dari kode – kode negara tertentu. Bukan subdomain atau SLD (Second Level Domain) seperti .web.id, .co.id, .ac.id dan semacamnya yang anda dapatkan. Freenom untuk saat ini menawarkan domain berikut secara gratis : .TK (Tokelau), .GA (Gabon), .ML(Mali, bukan Make Love lho), dan .CF (Republik Afrika Tengah).

Cara klaim domain gratis ini sangatlah mudah. Cukup akses website Freenom dan isikan saja domain yang anda inginkan, jangan lupa memilih ekstensi domainnya. Kalau sudah yakin klik saja icon kaca pembesarnya.

freenom

Kalau domain tersebut tersedia maka anda akan dialihkan ke halaman registrasi domain dan settingnya. untuk setting awal anda bisa memilih apakah domain tersebut akan menggunakan domain forwarding atau langsung menuju Domain Name Server.

freenom-domain-forwarding

Kalau anda ingin menggunakan domain ini pada hosting website atau layanan yang mendukung custom domain seperti Blogger maka sebaiknya memilih DNS. Anda bisa menggunakan DNS dari hosting anda atau memanfaatkan layanan Free DNS Service dari Freenom. Isikan A Record ke IP Address hosting website anda.

freenom-dns-service

Jika tidak memilikinya maka gunakan layanan DNS hosting gratis dari ClouDNS.

 

Selanjutnya adalah menentukan berapa bulan domain itu aktif, isikan 12 bulan saja. Nanti setiap bulan anda perlu memperpanjang setelah 12 bulan, jangan khawatir ini juga gratis. Jadi usahakan tidak terlewat waktu mendekati tanggalnya.

freenom-registration-length

Isikan CAPTCHA dan klik REGISTER A FREE DOMAIN NOW, jangan sampai salah klik CHECKOUT – ini untuk membeli domain berbayar.

freenom-register-a-free-domain-now

Anda akan dialihkan ke halaman pendaftaran akun Freenom, isikan alamat email anda, klik Next. Selanjut isikan nama dan password dan klik Register.

Sekarang anda resmi bisa menggunakan domain tersebut, sedangkan akun Freenom digunakan untuk manajemen domain dan perpanjangan.

2 pemikiran pada “Cara mendapatkan domain ccTLD gratis dari Freenom”

    • Halo L, rasanya kok mas sudah paham ya. Haha. 😀 Lha itu link website dari profilnya kan salah satu domain ccTLD yang ditawarkan gratis oleh Freenom (.ga).

Tulis komentar...