Cara mengakses database MySQL di cPanel

Sekarang sudahlah lumrah kalau kita menggunakan CMS seperti WordPress, Drupal, atau Joomla untuk membuat website. Karena kemudahannya dan bahkan bisa diotomatiskan dengan Softaculous sehingga kita sendiri sebagai pemilik situs hanya tahu mengisi konten tapi untuk pengaturannya masih bingung. Salah satunya adalah tempat dimana setiap konten website disimpan yaitu database dan umumnya adalah MySQL kalau memakai shared hosting dengan cPanel.

Walaupun kita jarang memerlukan akses langsung terhadap apa isi database website kita tapi terkadang modifikasi langsung terhadap data yang tersimpan diperlukan. Pada penyedia shared hosting biasanya kemampuan remote MySQL dimatikan jadi kita perlu menggunakan tool yang disediakan dalam cPanel yaitu phpMyAdmin dalam bagian Databases.
cpanel-databases
Nanti anda akan dialihkan ke halaman manajemen database MySQL menggunakan phpMyAdmin.
cpanel-phpmyadmin

Dari sini anda bisa melihat database, tabel, dan data yang tersimpan. Tentu saja anda bisa memodifikasi seluruh data yang ada. Menjalankan perintah SQL secara manual. Biasanya saya menggunakan untuk secara manual membuat backup database website atau memulihkan data situs yang rusak melalui perintah Export atau Import. Saya anjurkan sebelum anda mengubah apapun didalamnya buatlah backup terlebih dahulu, walaupun anda berniat menggunakan phpMyAdmin untuk memperbaiki data yang rusak.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...