Cara mengakses file dan folder di hosting cPanel

Setelah anda membeli paket web hosting dan biasanya adalah bertipe shared hosting memakai cPanel untuk pengaturannya maka tahap selanjutnya adalah membangun website anda. Anda bisa memanfaatkan Softaculous untuk proses instalasi berbagai macam CMS populer dan gratis seperti WordPress, Drupal, atau Joomla. Tapi kalau anda ingin melakukannya secara manual maka akan berurusan dengan proses upload file ke hosting anda.

Biasanya proses manajemen file ini akan menggunakan jalur FTP (File Transfer Protocol), anda bisa memakai username dan password untuk mengakses akun cPanel hosting anda untuk langsung masuk melalui FTP menggunakan softwarenya. Untuk softwarenya saya menganjurkan CyberDuck atau WinSCP, FileZilla juga sering disebut.

Tapi kalau anda tidak ingin menginstall software atau malas setting – setting FTP client maka bisa langsung menggunakan salah satu fitur yang sudah dalam cPanel, yaitu pada bagian Files klik saja File Manager.
cpanel-files
Akan muncul jendela popup Directory Selection, ini fungsinya adalah menentukan File Manager akan membuka direktori yang mana. Sebagian besar keperluan kita ada di folder Web Root (public_html/www).
cpanel-file-manager-directory-selection
Dan akhirnya kita akan melihat daftar file dan folder yang ada dalam akun hosting anda.
cpanel-file-manager-public-html
Disini kita bisa melakukan upload dan download file, edit file, kompresi dan ekstrak arsip ZIP, memindahkan file, mengubah hak akses (permissions) dan masih banyak lagi.

Satu pemikiran pada “Cara mengakses file dan folder di hosting cPanel”

Tulis komentar...