Cara mengaktifkan Developer Options di Android

Sejak Android versi 4.2 Jelly Bean fitur Developer Options sudah tidak ada lagi di Settings, padahal fungsi ini wajib ada bagi developer aplikasi Android. Hal ini juga baru saya ketahui saat ingin mencoba menghubungkan handphone Android saya dengan komputer dengan niat menggunakan USB Debuggingnya melalui ADB sebagai salah satu tahap belajar membuat aplikasi.

Saya yakin bukan saya saja yang kebingungan mencari dimana letak opsi developer ini sekarang dan mulai curiga kalau Google sudah menghapusnya, sempat terpikir kalau saya salah membeli handphone Lenovo A369 ini dan terpaksa mencari custom ROM yang menghidupkan fitur ini secara default.

Setelah mencari informasi kesana kemari ternyata bukannya fitur ini dihilangkan tapi cuma disembunyikan, cara mengaktikfan Developer Options ini pun tidaklah sulit cuma membutuhkan sedikit ritual saja. 😀 Anda silahkan buka Settings (Pengaturan) dan akses About. Pada bagian About phone tap pada Build number sebanyak 7 kali, kemudian akan muncul pesan “Your are now a developer!”.

android-you-are-now-a-developer

Setelah itu anda akan menemukan Developer Options dalam Settings di bagian System.
android-developer-options

Dan sekarang kita sudah bisa melakukan debugging terhadap handphone Android tersebut. Saya sendiri lega karena proses belajar saya masih bisa dilanjutkan tanpa masalah kecuali kemampuan saya mempelajari Java. Haha.. 🙂

6 pemikiran pada “Cara mengaktifkan Developer Options di Android”

Tulis komentar...