Cara mengaktifkan WiFi Tethering di Android

Sekarang operator telekomunikasi memberikan kuota bandwidth yang cukup besar, kecepatan tinggi dengan harga terjangkau untuk online sepanjang waktu dari handphone. Paket data bisa dikatakan wajib aktif jaman ini supaya selalu terhubung dengan internet. Menurut saya internet di handphone adalah hal yang seharusnya ada, dan bagusnya bisa dijadikan backup kalau ada masalah dengan koneksi internet konvensional seperti Telkom Speedy atau jaringan hotspot di tempat umum seperti cafe.

Kadang saya menemukan tempat dimana koneksi WiFinya walau gratis tapi bermasalah, dan padahal laptop saya membutuhkan koneksi internet untuk melanjutkan pekerjaan. Nah… disinilah letak peran handphone saya yang menggunakan Android, yaitu dengan membagikan koneksinya melalui sistem WiFi Tethering atau kadang disebut juga Portable Hotspot.

Untungnya di Android caranya cukuplah mudah, saya akan ajarkan bagaimana cara mengaktifkan tethering wireless – tinggal anda ikuti saja. Catatan disini saya menggunakan Lenovo A369i, tampilan antarmuka bahasa Inggris, dan dengan Android 4.2.2 (JellyBean), untuk versi Android lain mungkin ada sedikit perbedaan – silahkan diadaptasikan.

Pertama bukalah Settings dan buka More.

android-settings

Selanjutnya akses Tethering & portable hotspot.

android-wireless-networks

Ubah status WLAN hotspot menjadi ON. Langkah ini sudah menghidupkan WiFi Tethering dari handset Android anda, tapi anda bisa mengaturnya lebih jauh terutama untuk mengubah password yang digunakan.
android-tethering-portable-hotspot

Tap pada WLAN hotspot setelah dinyalakan dan akan terbuka WLAN TETHER SETTINGS.
android-wlan-tether-settings

Pada halaman pengaturan WLAN Tethering ini tap pada Set up WLAN hotspot.
android-set-up-wlan-hotspot

Untuk mengganti nama jaringan WiFi anda maka ganti isi Network SSID, mengubah metode keamanan tinggal pilih pada Security (saya sarankan WPA2 PSK), dan terakhir adalah passwordnya. Setelah itu simpan dengan tombol Save.

Sekarang tethering dari Android sudah aktif sepenuhnya menggunakan identitas dan password yang telah anda tentukan sebelumnya. Mudah bukan?

3 pemikiran pada “Cara mengaktifkan WiFi Tethering di Android”

  1. bos…saya mau tanya bisa gak yang di Tethering itu sinyal wifi yang kita pakai (speedy, hotspot,dll) bukan dari paket data hp (GSM, CDMA,dlll) dan kita bagi kn ke pengguna yang lain..

    Balas

Tulis komentar...