Cara mengatasi “The application failed to initialize properly (0xc0000005).” di Windows

Pesan “The application failed to initialize properly (0xC0000005).” muncul setiap anda berusaha menjalankan program? Penyebab masalah ini lebih ke salah setting di Windows daripada ada yang rusak.

Lagi – lagi kita melihat pesan error yang kurang membantu dari Windows, setiap mengakses sebuah aplikasi akan muncul jendela error dengan pesan:

“The application failed to initialize properly (0xC0000005). Click OK to terminate the application.?

Kita hanya diberi pilihan OK untuk menutup aplikasi. Sekarang anda dapat mencoba salah satu atau salah semua cara berikut untuk memperbaiki error (0xC0000005) di Windows.

Memasukkan program dalam daftar whitelist DEP

Masalah ini bisa disebabkan oleh Microsoft Data Execution Prevention(DEP). Segala aplikasi yang tidak terdaftar dalam DEP akan menemui error dengan kode status STATUS_ACCESS_VIOLATION (0xC0000005).

Solusinya adalah mengikutkan software yang bermasalah dalam daftar pengecualian DEP. Anda bisa melakukan konfigurasi terhadap setting DEP pada System di Control Panel. Ikuti prosedur berikut untuk melakukan setting DEP secara manual.

Buka menu Start > Control Panel dan klik System.

windows-7-control-panel-system

Klik Advanced di Windows XP atau Advanced system settings di Windows Vista dan 7.

windows-7-system

Pada bagian Performance, klik tombol Settings…

windows-system-properties-advanced

Pindahkan tab ke Data Execution Prevention, Aktifkan “Turn on all DEP for all programs and services except those I select:”.

windows-performance-options-dep

Kemudian isikan program yang bermasalah ke dalam daftar dengan menekan tombol Add.

Matikan compatibility program Windows

Terkadang kita membutuhkan fungsi kompatibilitas untuk menjalankan program lama, tapi kalau versi software anda sudah mendukung sistem operasi terbaru mungkin kita lupa telah mengaktifkannya dan ini bisa mengakibatkan munculnya error (0xC0000005) ini.

Klik kanan pada program yang bermasalah dan pilih Properties.

windows-application-right-click-properties

Pindahkan tab ke Compatibility, pastikan tidak ada opsi yang dicentang.

windows-application-properties-compatibility

Cara ini yang paling sederhana dan merupakan salah satu penyebab masalah error (0xC0000005), sehingga banyak orang yang tidak sadar dan melewatinya.

Semoga cara – cara diatas mampu membantu anda dalam mengatasi masalah error (0xC0000005) Windows. Walau saya tidak menjamin cara ini pasti berhasil, setidaknya saat saya mencobanya sendiri masalah ini hilang.

79 pemikiran pada “Cara mengatasi “The application failed to initialize properly (0xc0000005).” di Windows”

    • Halo mas Reza, saya sudah pernah membahas beberapa cara mengatasi error dengan kode 0xc000007b di Windows. Silahkan dicoba dan jangan lupa baca komentar dari yang lain mengenai cara alternatif selain dari yang saya berikan dalam artikel.

    • Halo mas Wandra, kalau boleh tahu saat menginstall Windows 7 ini pada tahap mana ya? Soalnya error 0xc0000005 ini disebabkan Microsoft Visual C++ Runtime Library dan seingat saya pada saat instalasi Windows 7 tidak membutuhkan pustaka tambahan Saran saya (yang cuma terpikir sekarang) adalah coba menggunakan setup Windows 7 yang lain. Semoga membantu.

    • Halo Asni, kode (0xc00000fd) itu untuk menunjukkan program dalam keadaan stack overflow, atau memori yang dialokasikan tidaklah cukup untuk menampung data program.

      Cara mengatasinya tergantung program apa yang mengalami error ini, karena setahu saya ini biasa terjadi pada software tambahan bukan bawaan Windows. Tapi secara umum biasanya ada konflik dengan software lain yang satu jenis, seperti antivirus, toolbar browser, game.

      Solusinya sementara ini ya:

      1. Uninstall program yang bermasalah, mencari versi lain baik yang lama atau lebih baru, atau sekalian saja mencari program alternatifnya.
      2. Menambahkan kapasitas memori (RAM) yang terpasang di komputer anda.

      Semoga berhasil. πŸ™‚

    • Selamat malam Josua,

      Kedua cara diatas masih belum bisa memperbaiki komputernya? Hmm.. coba hapus semua Microsoft Visual C++ Redistributable yang terinstall di Windows, kemudian restart dan install ulang kembali seluruhnya.

      Semoga berhasil.

    • Selamat pagi Dadan,

      Cara yang DEP sudah dicoba? Kalau yang compatibility memang untuk Windows 7 keatas. Alternatifnya coba uninstall semua Microsoft Visual C++ Runtime dan kemudian install ulang kembali setelah direstart.

    • Halo Dadan, maksudnya error ini muncul pada semua browser? Hmm.. mungkin bisa dicoba menginstall ulang seluruh Microsoft Visual C++ Redistributable, download dari komputer lain dan copy ke komputer yang bermasalah kemudian install.

    • Selamat siang Favo, tidak ada perbedaan dalam solusinya walau untuk Windows jenis terbaru. Sudah dicoba mas? Apa ada kendala lain yang muncul?

    • Selamat malam Wiryawan, boleh tahu anda sedang apa atau menggunakan program apa saat muncul error ini? Kalau secara umum bisa mencoba mengikuti solusi dalam artikel diatas.

    • Selamat pagi Kukuh, ini anda menggunakan Windows apa? 32-bit atau 64-bit? Saat sedang mengerjakan apa atau menggunakan program apa kok muncul error tersebut?

    • Halo Ganda, solusinya sudah dicoba mas? Dan kalau masih gagal harap ditambahkan:
      1. Ini Windows apa? 32-bit atau 64-bit?
      2. Program/game yang berhubungan?
      3. Pas ngapain kok muncul errornya?
      4. Misal laptop bisa disertakan apa merek dan tipenya.

  1. Agan Chandra Utama, terimakasih udah kasih pencerahan.,. Tp ttp gak bisa gan., :'(
    Aplikasi ini dulunya bisa ane pake.,. Normal.,. Gak ada masalah.,. Tp tiba2 ada pesan windows seperti itu.,. Yg 0xc00000005.,. Mohon pencerahannya ya gan.,. Ane ndhak tahu yg harus di uninstal windows visual C++ itu yg mana ya?

    Balas
    • Selamat pagi Romi, ikut simpati saya. Ini programnya apa ya?

      Secara umum sih anda bisa uninstall semuanya tanpa pandang bulu, kemudian restart dan install kembali seluruh Microsoft Visual C++ Runtime Library yang ada. Kalau tidak bisa juga coba reinstall juga .NET Frameworknya, ini juga semuanya sekalian.

  2. Masalah itu umumnya disebapkan MS .net frameworknya musti di tingkatin. beberapa sofware hanya bisa di jalankan di .net framewirk yang baru atau versi tertentu.

    Balas
    • Halo Ujang, terimakasih tambahan informasinya. Memang versi .NET Framework ada banyak dan kadang dianggap cukup install satu saja sudah cukup, padahal setiap versinya itu berbeda dan bisa diinstall sendiri – sendiri. Ini yang membuat salah paham dan memang bisa menyebabkan error ini.

    • Agan candra saya udah coba semua cara, tapi tetep gak bisa saya mau intal game euro truck sim 2 scandinavi, gmn solusinya mohon pencerahan nya gan

    • Selamat pagi Dicky, sudah coba install semua Microsoft Visual C++ Runtime Library dan Microsoft .NET Framework?

  3. gan kalau nge Fix (0xc00007b) pada game metal gear rising vengeance

    sebelumnya game itu bisa main dan saat saya keluarkan game itu terus mau main lagi tiba-tiba muncul tuh error…mohon bantuannya πŸ˜€

    makasih sebelumnya πŸ™‚

    Balas
    • Halo Fadian, bisa dijelaskan lebih rinci mas?
      1. Ini di Windows apa?
      2. Program atau game yang berhubungan?
      3. Merek dan tipe laptop bisa disertakan juga.

  4. untuk masalah the application failed to intialize(0xc0000135) bagaimana cara mengatasinya yah..
    Saya menggunakan windows xp 2002 32 bit…
    Saya ingin menginstall program motioninjoy stik ps 3 ke pc….
    Mohon pencerahannya

    Balas
    • Halo Marcel, pakai Windows XP SP1, SP2 atau SP3 mas? Terus mas pakai program apa pas muncul errornya?

  5. Permisi..
    Sy sudah format system c ketika mau diinstal, tetapi malah ttep tdk bisa juga..
    Mohon pencerahnnya T,T
    Tlf bls via WA atau sms ya mas?? Penting soalnya T,T
    085254452345

    Balas
  6. Mas Chandra saya punya keluhan nih, saya menggunakan Laptop Toshiba Satelite 1000 32-bit win 7 Profesional, kenapa ya laptop saya gk bsa untuk membuka semua browser, kalo di buka ada tulisan Error used by (0xc0000005) , itu knpa ya? semenjak saya instal VB 2010 Express, 5 hari kedepan nya kyk gtuh, error browser saya, error (0xc000005)….. tolong di bales ya mas chandra, penting skali ini..

    Balas
    • Halo Fachrul, sebelumnya sudah coba solusi yang dituliskan mas? Dan apakah kalau VB Expressnya diuninstall tidak kumat lagi? Kasusnya cuma pada browser? Sudah coba yang tidak standar seperti Opera, Vivaldi, Palemoon, UC Browser dan semacamnya?

    • Bisa dilengkapi mas informasinya?
      1. Ini di Windows apa?
      2. Terjadinya pas ngapain?
      3. Program/game yang berhubungan?
      4. Misal laptop maka bisa disertakan juga merek dan tipenya.

  7. Kak.. ini pc gua kalo untuk membukak aplikasi yang terhubung ke internet tidak bisa(browser,login game online)..sukanya kayak seperti not responding… tapi kalo mbukak yang offline selalu bisa
    Masalahnya pc gua habis download game terus tiba” ada instalan yg tidak bisa di uninstall
    Mohon bantuanya

    Balas
    • Windows xp..kayaknya enggak bajakan. Tmpat downloadnya di heinzo…
      Bukan instalan game tapi instal sejenis winrar gitu ,tapi gua gk tau kapan instalnya tersebut tiba” mozilla saat gua browsingan close sendiri dan dari sinilah gua gak bisa masuk aplikasi yg terhubung dengan internet?

      .sbnarnya bukan not responding. Seperti aplikasinya tuh gak bisa di buka
      Contoh(1.gua buka mozila.padahal sudah gua klik..tapi gak mau masuk ke mozilla
      2.gua mau login steam tapi gak muncul tuh tmpat untuk login.gambarnya untuk login kayak not responding)

    • Ya bajakan mas. Haha. πŸ˜€

      Coba install Malwarebytes Anti-Malware. Oh ya mas, kalau masuk safe mode apa bisa jalankan programnya?

  8. GAN GIMANA NI CARA GATASI “the application failed initialize properly (0xc000007b).click on ok to terminate applicaton” . tolong pencerahannya

    Balas
  9. GAN TAPI KAN YG INI KAN β€œthe application failed initialize properly (0xc000007b).click on ok to terminate applicaton” BUKAN β€œThe application was unable to start correctly (0xc000007b). EMANG BISA YA GAN PAKEK CARA ITU?
    ‘;

    Balas
  10. Mau Tanya Gan Barang Kali Bisa Membantu, saya mengalami kasus yang sama saat sedang menjalankan sebuah sistem operasi Windows7 64bit saya temukan beberapa software misal pdf versi 9.0 begitu dijalankan muncul tampilan jendela “The application was unable to start correctly (0x0000005)”. Saya sudah mencoba dengan metode atau cara cara yg sudah disampaikan namun tetap gagal juga……? Laptop yang saya gunakan Sony Vaio intel core i5 Win7 Home Premium 64bit, Mohon pencerahan para agan agan sekalian….trim’s.

    Balas
  11. gan di kilom add di isi apa ya?sya eror 0xc000005 tiap mau instal software pasti gak bisa, tulisanya seperti itu 0xc000005 terus,mohon bantuannya gan

    Balas
  12. Malam mas chandra, kalau muncul pesan “the application was unable to start correctly 0xc0000005” click ok to close the application,,
    Saya pake netbook HP winWind 7 ultimate, mohon bantuannya

    Balas
  13. halo mas Chandra, kalo saya masalahnya ada di aplikasi Steam. Muncul bacaan kayak gini setiap abis di shutdown terus besoknya di nyalain lagi aplikasinya. btw windows defendernya saya nyalain. mohon bantuannya

    Balas
  14. halo mas Chandra, kal osaya yang bermasalah ada di aplikasi Steam. Setiap habis di shutdown terus besoknya mau nyalain programnya ada tulisan kayak gitu. btw windows defendernya nyala. gimana ya mas ? mohon bantuannya. trims

    Balas
  15. Mas saya masih error “the application was unable to start correctly 0xc0000005” pada saat menjalankan program WinSCP version 5.15 . dengan OS windows server 2008 R2 Enterprise. Apakah kemungkinan terinfeksi trojan? mohon dibantu

    Balas

Tulis komentar...