Cara mengatasi “Briefly unavailable for scheduled maintenance.” di WordPress

Ada informasi mengenai update baru telah tersedia di dashboard WordPress, tentu saja anda ingin memperbarui CMS WordPress anda bukan? Anda akhirnya memutuskan untuk melakukan update, tapi tak disangka proses update ini tidak selesai – selesai juga.

Apalagi saat berusaha mengakses website anda kembali akan disuguhkan pesan:

Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.

wordpress-briefly-unavailable-for -scheduled-maintenance

Wah… masalah ini, sudah update gagal diberi bonus website tidak bisa diakses. Apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki WordPress yang sedang down karena maintenance ini?

Menghapus file .maintenance melalui FTP

Cara pertama akses akun web hosting anda melalui FTP. Silahkan cari nama file .maintenance dan hapus, maka website anda akan langsung dapat diakses kembali.

ftp-public-html-maintenance

Anda dapat mengulangi proses update kalau mau.

Menunggu beberapa menit

Kalau anda takut dalam mengutak – atik isi file di hosting anda, apalagi menghapus cara lainnya adalah menunggu. WordPress memiliki fitur bila proses update otomatis tidak selesai atau gagal setelah berusaha beberapa lama maka akan kembali bisa diakses. Juga akan muncul informasi dengan pesan berikut:

An automated WordPress update has failed to complete – please attempt the update again now.

wordpress-an-automated-wordpress-update-has-failed-to-complete

Sebuah proses update WordPress otomatis telah gagal diselesaikan – tolong coba update kembali sekarang. Anda disarankan mencoba kembali memperbarui WordPress anda secara otomatis. Silahkan ulangi kembali update anda kalau ingin, ditunda pun tak masalah – kecuali kalau updatenya adalah untuk keamanan, ini lebih baik secepatnya.

Secara umum biasakan membuat backup file WordPress dan databasenya sebelum mencoba update. Ini untuk berjaga kalau ada apa – apa dalam proses updatenya, sehingga dapat dikembalikan ke semula.

Satu pemikiran pada “Cara mengatasi “Briefly unavailable for scheduled maintenance.” di WordPress”

Tulis komentar...