Cara mengatasi “Can?t read from the source file or disk.”

Dulu saya pernah mengalami hal yang cukup aneh saat teman saya mengcopy file dan gagal, untungnya ada pesan kesalahan yang muncul yaitu “Can?t read from the source file or disk.”. Uniknya saya masih bisa membuka file tersebut tanpa masalah, cuma kalau ditransfer atau dipindah ke USB Flashdisk teman saya akan langsung error.

Akhirnya saya menemukan beberapa alasan yang bisa menyebabkan masalah ini dan tentu solusi untuk memperbaikinya.

Cek kabel harddisk

Pertolongan pertama coba lepas dan sambung kembali kabel data harddisk anda, biasanya agak kendor kalau sudah lama terpasang. Atau sekalian saja ganti menggunakan kabel yang baru. Mumpung dibongkar, sekalian saja bersihkan komputer anda.

Adanya Bad Sector

Umumnya bad sector pada harddisk juga bisa menjadi penyebab, anda bisa menggunakan Checkdisk untuk memperbaikinya.

windows-7-disk-properties-tools-error-checking

Untuk merawat harddisk eksternal atau flashdisk supaya tidak ada bad sector maka saya sarankan jangan sering – sering mencabut kalau belum selesai digunakan. Gunakanlah Safely Remove untuk memastikannya. Untuk harddisk internal jangan matikan komputer tanpa shutdown supaya jarum pembaca hdd dikembalikan ke posisi standby. Kalau sering mati lampu? Ya sudah nasib.

Pastikan File System mendukung ukuran file yang besar

FAT merupakan file system yang cukup sering digunakan pada Flashdisk karena kompatibel dengan semua jenis Windows dan sistem operasi alternatif lainnya, sayangnya FAT memiliki batasan ukuran file maksimal sebesar 4GB.

windows-7-disk-information

Saran saya adalah melakukan konversi ke NTFS dengan format, jadi backup dulu kalau ada data yang penting sebelum proses FAT diubah menjadi NTFS.

Cek jumlah karakter nama file dan lokasinya

Pastikan nama file tidaklah terlalu panjang. Pengalaman saya dalam penggunaan Windows kalau sebuah file memiliki nama yang panjang atau lokasi lengkapnya ditambah nama file melewati 255 karakter maka akan muncul error bahwa file tersebut tidak ada atau ditemukan. Solusinya ya rename file tersebut menjadi sangat singkat dan pindahkan setelah itu.

Satu pemikiran pada “Cara mengatasi “Can?t read from the source file or disk.””

Tulis komentar...