Cara mengatasi “Check Cable Connection!”

Pagi ini saya diminta bantuan oleh tetangga untuk membetulkan laptopnya. Kasusnya saat dinyalakan dan masuk ke BIOS muncul pesan error:
Check Cable Connection!
PXE-MOF: Exiting Intel PXE ROM.
No Bootable device -- insert boot disk and press any key.

Kalau disimpulkan tampaknya ada masalah pada kabel harddisk sehingga tidak bisa booting masuk Windows.Tapi dari hasil pencarian di internet dan percobaan saya saat membongkar casingnya ternyata hal ini bisa disebabkan berbagai macam faktor dan memiliki solusi yang berbeda.

Dsimic / CC BY-SA 3.0 / Wikimedia Commons

Jika anda ingin tahu kenapa hal ini terjadi, singkatnya entah kenapa harddisk anda tidak berhasil dideteksi dengan sempurna dan ini membuat BIOS mencoba booting dari urutan selanjutnya yaitu melalui jaringan. PXE adalah kode dari Boot from Network alias kartu jaringan (Network card). Jadi belum tentu ada kerusakan pada harddisk komputer anda, dan sempat berharap ini bukan error dari Windows yang hilang.

Silahkan anda coba salah satu cara berikut untuk memperbaikinya, pilih dari yang paling mudah untuk ada.

  • Paling dasar anda bisa mencoba membongkar casing komputer atau notebook anda, lepas kabel koneksi harddisk dan kemudian pasangkan kembali. Atau bisa juga dengan memindahkan pemasangan kabelnya ke slot SATA yang lain kalau tersedia.
  • Jangan lupa untuk mengecek kembali isi dari Boot Option/Order dalam BIOS. Siapa tahu bukannya menjalankan booting sistem operasi dari harddisk melainkan dari perangkat lain.

Dari pengalaman yang paling sering terjadi adalah urutan BIOS yang tiba – tiba berubah sehingga tidak ada harddisk didalamnya dan cara kedua sudah cukup untuk mengatasinya, mungkin si pengguna panik saat masuk ke menu BIOS dan asal menekan opsi – opsi yang ada.

133 pemikiran pada “Cara mengatasi “Check Cable Connection!””

  1. Mas laptop saya lenovo 9400 kemarin selesai servis reball clipset, setelah itu laptop saya suka mati sendiri dan langsung bluescreen. Sekarang malah jadiannya sama spt yg di atas. itu kenapa ya ,apa masih ada masalah sama mobo/clipsetnya. Trus kalo pas di hidupin ada suara clip clip gitu, saya tanyakan kpd tukang servisnya dianya udah gak mau ambil bingung katanya udah banyak troubelnya.
    Mohon solusinya mas

    Balas
  2. mas saya mau tanya kan saya pake notebook pengen mindah mindahin partisipasi hardisk dan saya tidak sengaja mengklik uninstal harddisk dan tiba tiba tidak bisa hidup kembali hanya ada bacaan bacaan check kabel connection gtu bagaimana cara menyelesaikannya yah mas ?? tolong bantuannya mas

    Balas
  3. Sya punya mslh sma yg dituliskan diatas “check cable connection” laptop saya qompas, sya juga pernah membuka dan ngecek cable”y v ttp saja saat masuk “check cable connection” gimana cara ngatasin’y mas? Tolong bantu yah

    Balas
    • Halo Sheyla, maksudnya Compaq mbak? Antara kabelnya sudah rusak (kemungkinan besar), slot kabelnya yang bermasalah atau harddisknya yang rusak. Ngatasinnya ya tergantung dimananya mbak.

  4. Gan ane bingung laptop ane pas dinyalain muncul tampilan tulisan tulisannya kaya gini
    intel undi pxe-21 (build 083) copyright . this product is covered by one ore more of the following patenst .
    media test failure.check cable
    .exiting px rom

    Kira kira masalahnya apa ya ,apa harddisknya yang rusak

    Balas
  5. Mas, masalah laptop saya sama seperti yg dibahas… Tapi kalo saya booting lewat Safe mode ga masalah (ga mati-mati) kalo boot normal setelah masuk user lgsg mati restart dan muncul :
    Check Cable Connection!
    PXE-MOF: Exiting Intel PXE ROM.
    No Bootable device — insert boot disk and press any key.

    Saya sdh bongkar cek kabel harddisk, ganti kabel tetap aja.
    Laptop ACER Aspire One N214

    Balas
  6. intel UNDI, PXE-2.0 (build 083)
    copyright (C) 1997-2000 Intel corporation
    
    for atheros PCIE Ethernet controller v2.0.2.3 (05/08/10)
    
    Check cable connection !
    PXE-MOF : Exiting intel PXE ROM.
    No bootable device -- insert boot disk and press any key

    mas laptop ku pas di tekan power keluar tampilan seperti ini..
    ini kenapa ya mas?
    merk nya toshiba
    trims,

    Balas
  7. Mas minta bantuan atau solusinya ya … laptop saya pas saya tekan power trus muncul tampilan =
    “Intel UNDI, PXE-2.1 (build 083)
    Copyright (c) 1997-2000 Intel corporation
    This product is covered by one or more of the following patents :
    US6, 570, 884, US6, 115, 776,327, 625
    Realtek PCIe GBE family controller series V 2.57 (08/27/13)
    PXE-E61 : Media test failure, check cable
    PXE-M0F : exiting PXE ROM.

    Ini kenapa ya mas ? Terus pas saya buka bios … dalam menu boot tidak ada pilihan boot priority ordernya …. mohon bantuan

    Balas
    • Halo, coba matikan network bootnya kalau ada mas. Juga pasti ada namanya boot priority/order di BIOS. Terakhir, ini juga bisa disebabkan kabelnya rusak.

    • Saya sampai Google maksudnya negesi, dan hasilnya “sok tahu”. 🙂 Bisa diperjelas kekurangan pembahasan saya dimana mbak? Biar saya koreksi kalau ada yang salah dan tidak menyesatkan pembaca yang lain.

  8. Sekitar sebulan lebih laptop saya mengalami no bootable disk press any key ya something like that. pokoknya sebelumnya sempat seperti itu paling beberapa jam normal lagi dan biasa lagi. tapi yang sebulan yang lalu itu benar benar rasio bisa : tidak bisa nya sampai 1 : 30 (?)
    Nah pokoknya dalam seminggu itu sama sekali ga saya pakai. akhirnya saya masukkin tempat service, sama sananya dicoba instal ulang, dan katanya instalnya gagal. tapi kalo pake hdd lain bisa. trus disaranin untuk ganti hardisk. tapi saya nolak dan saya bawa pulang.
    trus saya nyalain kan, trus sempet dengan peringatan yang sama tapi akhirnya nyala. nah abis itu kadang bisa kadang ngga. kadang mati di tengah tengah dengan peringatan yang sama.
    nah sekarang peringatan no bootable disknya udah cukup jarang, tapi laptop so lemot (lemot sudah sejak peringatan itu terjadi).
    nah dan saya ganti laptop, yang rusak itu dianggurin
    ternyata laptop mamah saya yang notabene sudah hampir 6 tahun itu punya peringatan yang sama. kejadiannya saya kurang tau persis karena hanya diberi tahu tampilannya oleh mamah di rumah (saya di kos .-.)
    nah apakah emang harus ganti hardisk ya?

    Balas
    • Halo Fira, dari ciri – cirinya memang harddisk anda sudah mau wafat mbak. Segera backup dulu data – data pentingnya selagi bisa, kalau telat cuma bisa diikhlaskan. Terus coba jalankan proses Checkdisk pada harddisknya. Atau install CrystalDiskMark atau HDTune untuk diagnosa harddisknya supaya lebih pasti.

      Usia harddisk yang dipakai normal sehari – hari bisa 4 tahun lewat, lebih dari itu siap – siap saja.

  9. MAAF MAS, KALAU SYA DI LAPTOP ADA TULISAN “INTEL UNDI PXE-2.0 (BUILD 003) COPYRIGHT (c) 1997-2000 INTEL CORPORATION FOR ATHOS PCIE ETHERNET CONTROLER v2.2.0
    CHEK CABLE CONCTION! PXE-MOF EXITINGINTEL PXE ROM NO BBOTABLE DEVICE -INSERT BOOTDISK AND PRESS ANY KEY, LAPTOP NYA MERK ACER 4253. SAYA SUDAH CEK BIOS, HARDISK KEDETEC, TRUS URUTAN BOOT NYA 1ST UDH KE HDD, SAYA COBA INSTAL ULANG WINDOWS NYA, PAS DI SETUP STARTING BERHENTI, GA ADA PERGERKAN. UDH BEBERAPAKALI SAYA COBA INSTAL ULANG WINDOWS NYA MASIH TETEP BERHENTI DI SETUP STRTING, MOHON BANTUAN NYA UTEKNO, TERIMAKASIH.

    Balas
  10. oh ia, saya udh bongkar laptop, nya, udh dibersihin hdd nya, cek kabel2 pin kuning nya saya bersihin, cek di bios kedetec hdd nya. semua hardware kedetec dibios. hdd nya merk WD 500GB. instal nya udh pake dvd internal, external, pake flashdish, sampe beli cd windows baru, takut cd nya rusak, tpi msh tetep, pas di “setup starting” msih berhenti, makasih UTEKNO.

    Balas
    • Wogh… jempol buat mas Umar. Totalitas. Tapi ya itu mas, terdetek bukan berarti HDDnya pasti normal. Coba lakukan tes kesehatan harddisk atau coba dibuka pada laptop lain.

  11. Siang mas,
    Masalah saya sama kyk yg diatas. Laptop saya Toshiba Satelite C640. No bootable device, setelah coba masuk ke set BIOS hdd nya gak kebaca alias None.
    Mungkin ada pencerahan mas.
    Terimakasih sebelumnya.

    Balas
  12. saya punya masalah pada laptop acer es1 431
    no bootable device
    cek bios urutan booting udah bener, tp masih gak bisa
    saya cek di cmd hardisk nya kosong.
    dan hanya data C aja yang terbaca 467gb data D tidak ada
    saya coba d laptop lain hhd terbaca
    saya instal ulang, gak bisa lanjut karena load driver, ganti menggunakan flashdisk lain tetap tidak bisa, pindah ke port lain gak bisa port nya hanya 1.
    apakah ada solusi lain kalau ganti hdd ini hdd baru 2 bulan karena hdd yang lama kasus sama saya bawa k tempat servis mereka suruh ganti hdd
    padahal hdd kebaca d laptop atau kompi lain

    Balas
  13. Hallo mas,ini laptop saya kasusnya sama ” INTEL UNDI PXE-2.0 (BUILD 003) COPYRIGHT (c) 1997-2000 INTEL CORPORATION FOR ATHOS PCIE ETHERNET CONTROLER v2.2.0
    CHEK CABLE CONCTION! PXE-MOF EXITINGINTEL PXE ROM NO BBOTABLE DEVICE -INSERT ”

    Operating windows not found

    Apakah ada indikasi hardisknya yang rusak?
    Soalnya Dari service an laptop mengindikasi adanya kerusakan fisik hardisk..
    Sebelumnya kayak gitu ,terus diketok” sedikit bisa lagi ..
    Makasih

    Balas
  14. Kalau saya lengkapnya tulisannya begini Mas:

    CHECK CABLE CONNECTION!
    PXE-M0F: EXITING INTEL PXE ROM
    REBOOT AND SELECT PROPER BOOT DEVICE
    OR INSERT BOOT MEDIA IN SELECTED BOOT DEVICE AND PRESS A KEY
    INTEL UNDI, PXE-2.0 (BUILD 083)

    Itu kenapa Mas? Sering juga muncul warna biru tertulis: ENTER HDD/SDD PASSWORD

    saya nggak pernah memberikan password ke hardisk maupun laptop, kok tiba-tiba begitu ya?

    Balas
  15. Mas Laptop Saya Tiba Tiba Mati dan diBagian Bawah Laptop ada Bagian Hardware yg Bunyi sepertinya dari Hardisk, saat saya Restart Laptopnya tiba-tiba Muncul Tulisan “Check Cable Connection!
    PXE-MOF: Exiting Intel PXE ROM.
    No Bootable device — insert boot disk and press any key.”
    Saya Pun Langsung Panik dan Ga Tau Harus Gimana! Apakah Ada Kemungkinan buat normal kembali??? Mohon saranya

    Balas

Tulis komentar...