Cara mengatasi “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.”

Salah satu pesan kesalahan yang membuat saya frustasi adalah “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.”, yang walaupun direstart juga akan tetap muncul error yang sama. Nah… ada beberapa solusi yang bisa anda coba untuk memperbaiki masalah ini, mungkin salah satunya bisa bekerja untuk anda.

Dari bunyi errornya dapat disimpulkan kemungkinan adanya kerusakan pada hal – hal yang berhubungan dengan harddisk, ini bisa software atau hardware yang nanti anda bisa diagnosa sendiri.

Cek kabel data Harddisk anda

Mungkin kabel data dari motherboard ke harddisk kendor atau terjadi kerusakan, silahkan coba lepas dan pasang kembali. Kalau masih belum bisa coba digantikan dengan kabel baru.

Ganti mode Master atau Slave

Ini kalau harddisknya masih bertipe ATA yang sudah sangat jarang ditemukan sekarang karena sudah tidak dijual lagi barunya. Coba lepas harddisk anda dan cek dibelakangnya ada semacam switch atau jumper untuk mengubah mode dari Master ke Slave dan sebaliknya. Sedangkan pada tipe SATA sudah tidak ada mode – mode semacam ini.

Reset konfigurasi BIOS

Alternatifnya coba reset setting BIOS anda, kembalikan ke default. Cara akses BIOS adalah dengan menekan tombol F2 atau Delete saat pertama kali menyalakan komputer.

asus-bios

Lepaskan baterai CMOS

Masih berhubungan dengan BIOS, kalau setting default tidak membantu anda maka coba lepaskan baterai CMOS di motherboard dan pasang kembali.

Repair instalasi Windows

Cara ini mewajibkan anda memiliki installer Windows, silahkan booting menuju DVD atau USB Flashdisk yang berisi setup Windows. Tapi janganlah memilih install ulang, Silahkan cari Repair Windows installation. Yang dilakukan sebenarnya adalah seluruh file sistem Windows akan diganti yang baru sehingga akan normal kembali. Anda bisa mengikuti panduan untuk memperbaiki instalasi Windows XP.

Memperbaiki booting Windows

Sekali lagi kita masih membutuhkan installer Windows, tapi kali anda mengakses command prompt. Kemudian ketikkan perintah:

  1. fixmbr? dan tekan ENTER. (untuk memperbaiki MBR (Master Boot Record))
  2. fixboot , tekan ENTER. (untuk memperbaiki setting boot Windows)

Keluar dari command prompt dan restart.

Sekilas dapat dilihat solusi untuk mengatasi masalah ini lebih ke arah teknis dengan membongkar komputer, karena itu saya sarankan kalau tidak yakin lebih baik serahkan ke teknisi atau service center saja daripada rusaknya tidak bertambah parah. Sekalian lepas harddisk anda dan pasang di PC lain untuk dibackup datanya daripada ada resiko kehilangan data.

72 pemikiran pada “Cara mengatasi “A disk read error occurred. Press Ctrl+Alt+Del to restart.””

    • Halo Teguh, tidak ada pesan error lagi mas? Coba ganti kabel SATA lainnya mas. Ini antara: kabel rusak, harddisk rusat, atau slot SATA di motherboard rusak.

  1. maaf sebelumnya, saya coba lepas HD trus saya pasang di komputer lain kenapa HD deteksinya lama ya? Trus pas saya pasang sebagai HD utama malah kelua tulisannya itu. mohon bantuannya.

    Balas
    • Halo Dodo, rasanya harddisk anda sudah tanda – tanda mau rusak permanen mas. Harap segera backup data – data pentingnya selagi masih bisa diakses.

    • Halo Rifqi, sudah coba solusi apa saja mas? Kalau gagal semua tampaknya harddisknya sudah rusak mas.

    • Ini yakin harddisknya tidak bermasalah kan mas? Mudah kok, tinggal siapkan installer Windows dan booting kesana. Nanti pilih System Recovery dan salah satunya ada opsi Startup Repair.

    • Halo Bayu, ga ada garansinya mas? Habis jatuh? Kalau bunyinya seperti ada yang nyangkut ya memang benar mas masalahnya harddisk rusak.

    • Ya karena istilahnya bisa berbeda di setiap jenis BIOS mas. AMI, Award, Phoenix dan sebagainya. Kadang istilahnya Load Default Values, bisa juga Load Fail-Safe Defaults, dan seterusnya. Perhatikan saja isi menu BIOSnya pasti ada.

  2. Mas, saya dapat error begini ketika saya mau install ulang lewat FD.
    Di saat booting dan tekan any key to usb.. sehabis itu terjadi error itu.
    Udh coba ganti psu, cek kabel dll.
    Tpi pas di coba pc tmn saya malah lancar” aja install ulangny g dpt problem, kira” itu yg masalah di mana ya? Mobo kah?

    Balas
    • Sebentar mas, saya nangkapnya begini:
      1. Ini instalasi Windows ada di Flashdisk.
      2. Booting ke USB gagal dan muncul error diatas.
      3. Tapi pakai Flashdisk tadi ke PC lain normal.
      Benar?

      Sudah coba mas pasang ke slot USB lain? Misal ini PC coba yang dibelakang mas. Rasanya yang bermasalah ini slot/jack USB di motherboard.

  3. Bang kok laptop aku udah di instalasi windows kok nggak mauu nampil ke dekstop? harus pake flashdisk baru bisa masuk ke tampilan dekstop, kalau di cabut eror lagi bang_-

    Balas
    • Kok asik mas. Ada pesan errornya tidak? Windows apa ini? Yakin ga salah install ke flashdisknya? Prioritas booting sudah diatur?

    • biasanya sih karena loadernya mengganti file system windowsnya. saya juga pernah mengalami hal yang sama. download win7 activated saja dari torrent. (malah ngajari nggak bener)

  4. udh saya coba gan ctrl + Alt + Del to Restart tapi nggak ngangkat hard disk nya bos gimana ya solusinya terima kasih Deka

    Balas
    • Pakai motherboard merek dan tipe apa mas? Pesan lengkapnya bisa dituliskan?

      Mungkin kabelnya bermasalah? Atau slot SATAnya?

  5. broo,, saya td mau coba aktivasi windows pake “unloader”, nah setelah selesai, dia minta restart,, abis restart malah muncul pesan “error read occured” gimna ya ini ? coba pakai cara cara diatas juga tetap ga bisa… windows 7 basic,,, mohon bantuannya ya bos,, makasih

    Balas
  6. Mas sy punya sony vaio VPCYB35AG,Tampilan layar hitam #missing operating system# saya sudah tekan tombol assist ,tetap keluarnya layar hitam.saya coba masuk f2,masuk boot setelah selesai pengaturan saya tekan f10 ,keluar tulisan check cable connection ,missing porating system, tolong penjelasanya ya mas.Terima kasih.

    Balas
  7. Mas laptos saya suka gak ngebaca hard disknya. Trus yg baru masalahnya ctrl +alt+dlt ini. Apa solusi simplenya mas? Ganti hard disk kah? Acer aspire win 7

    Balas
  8. Mas laptop adik saya acer aspire terus saya coba activator windows, saat sudah selesai saya langsung restart laptopnya saat nyala kembali ada tulisan a read error occured. Dan coba saya bawa ke servise laptop, katanya hardisk nya error. Apa solusinya mas? apa harus ganti harddisk! Atau gimana mas.

    Balas
    • Mas Chandra,kalo misalnya a disk error’ occurred itu di barengi dgn suara kek nyangkut atau kek “ngik ngik”…itu hardisk nya yg rusak apa msh bisa pakai cara fix it di atas y?,mohon jawabannya secepatnya mas mksh 🙏

  9. Sya udah tekan ctrl alt del tpi laptop saya ttp tak mau hidup. Saya d suruh tkan brkli” . Brkli” jga sya tkan. Tpi tk bsa hdup. Tlong bantuanx

    Balas
  10. saya sudah 2 kali install ulang,tapi ga lama pc saya kumat lagi muncul error ocurred,ketika masuk ke menu boot,malah muncul tulisan itu,apakah hdd saya sudah rusak? terima kasih sebelum nya

    Balas
  11. Mas mau tanya, saya service dalam keadaan laptop normal, saya datang ingin service membersihkan saluran pembuangan di laptop karena cepat panas dan ingin instal ulang window mas. Setelah beres laptop saya selalu stuck di tulisan a disk error’ occurred seperti itu.. nah apa yg jadi kendala di sini mas.. laptop saya menyala tidak mengeluarkan suara yg berisik atau apapun normal mas, apakah hardisk rusak atau apa nih. Terimakasih

    Balas
  12. Hai min .. sama si kasusnya disk read occuread , tapi pas di cek di bios hardisknya detetct itu berarti kenapa ya min ? Mohon pencerahannya terimaaksih

    Balas

Tulis komentar...