Cara mengatasi “ERR_SPDY_PROTOCOL_ERROR” di Google Chrome

Saya mengalami hal aneh pagi ini saat membuka situs Wikipedia menggunakan Google Chrome, kadang saat membaca suatu artikel atau melihat gambar malah gagal dimuat dan muncul pesan error This webpage is not available – ERR_SPDY_PROTOCOL_ERROR. Sebenarnya hal yang sama terjadi juga di Mozilla Firefox tapi tidak di Internet Explorer.

Yang pasti dari pesan kesalahannya saya memahami ini disebabkan masalah pada protokol transfer data internet, jadi bukannya menggunakan HTTP melainkan SPDY (buatan Google dan menjadi standar HTTP2).

chrome-err-spdy-protocol-error

Semestinya kalau ada masalah atau browser yang mengakses halaman tersebut tidak mendukung protokol SPDY akan otomatis diturunkan menjadi HTTP biasa dan tidak akan muncul error seperti ini. Sayangnya saya coba bolak balik tidak berhasil juga, masih tidak muncul.

Ada setidaknya 2 cara untuk memperbaiki masalah ini, pertama adalah dengan menambahkan parameter –use-spdy=off –use-system-ssl dalam icon shortcut (klik kanan dan pilih Properties) dalam kotak Target, letakkan diluar tanda kutip. Ini adalah instruksi agar Chrome mematikan dukungan SPDY dan menggunakan SSL biasa saja. Tirukan sesuai dengan ada yang di gambar kalau bingung.

chrome-shortcut-use-spdy-off-use-system-ssl

Solusi kedua lebih mudah sebenarnya, ketikkan alamat berikut chrome://net-internals/#events&q=type:SPDY_SESSION%20is:active dan tunggu sesaat sampai prosesnya selesai. Setelah itu klik icon panah di kanan atas dan pilih opsi Flush sockets. Selesai.

chrome-net-internals-events-type-spdy-session-is-active

Saya sendiri sudah mencoba keduanya dan sama – sama berhasil, tapi akhirnya saya kembalikan parameter shortcut Chrome ke default dan lebih memilih metode Flush sockets karena tidak perlu mengubah apa – apa pada browsernya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...