Cara mengatasi Google Chrome masih menggunakan Memory setelah ditutup

Hal ini tidak sengaja saya lihat karena laporan dari teman saya sih Windows menjadi lambat dan memorinya dikatakan kurang setiap kali setelah menggunakan Google Chrome. Ini hal paling aneh yang saya temukan di laptop teman saya, kalau suatu program menggunakan RAM saat dibuka memang wajar, dan memang ini yang saya harapkan saat memeriksa komputernya.

Yang saya temukan malah sebaliknya setelah Google Chrome ditutup malah meningkat penggunaan memorinya dan tidak dilepas juga saat saya melihat task manager untuk mengetahui program apa yang menghabiskan RAM.
task-manager-google-chrome

Ternyata oh ternyata memang di Google Chrome ada fitur untuk tetap aktif di background kalau ada tugas atau apps yang sedang berjalan. Karena itu solusinya mudah sekali, matikan saja fitur ini. Buka Google Chrome dan klik tombol menu atau ketikkan chrome://settings untuk membuka halaman pengaturan. Setelah terbuka klik Show advanced settings…

google-chrome-settings

Geser ke bagian paling bawah dan hilangkan centang pada “Continue running background apps when Google Chrome is closed”. Selesai!
google-chrome-settings-system
Sekarang proses Chrome akan dimatikan total saat anda menutupnya, jadi tidak ada program hantu Google Chrome yang memakai memori tanpa sepengetahuan anda lagi.

2 pemikiran pada “Cara mengatasi Google Chrome masih menggunakan Memory setelah ditutup”

    • Halo Fikri, anda tidak pakai Chrome App Launcher kan? Ini aplikasi web yang dibuat bisa berjalan langsung tanpa browser.

Tulis komentar...