Cara mengatasi Kutu Busuk

Kali ini saya sekadar berbagi pengalaman pribadi soal serangga satu ini. Asli, bagi yang belum pernah merasakan serumah dengan kutu busuk tidak tahu bagaimana horornya.

Saya yakin anda sudah banyak baca artikel di Google mengenai solusi/membunuh/membasmi kutu busuk. Jadi saya tidak akan panjang lebar ceritanya, karena solusi yang akhirnya berhasil adalah dengan menggunakan diatomaceous earth. Ini berupa serbuk/pasir warna putih.

Sumber: Cicero7 @ Pixabay

Cara penggunaannya sangat mudah, tebarkan saja di tempat sarang kutu busuk dan sekitar yang biasa dilewatinya. Ini bisa sela tembok, korden, kasur (makanya dinamakan bedbug), sofa dan sebagainya.

Kalau benar penerapannya, maka dalam 1 minggu saja sudah tidak akan muncul lagi makhluk ini. Ini selain yang dewasa, anakan dan telurnya tewas. Sekian.

Sekarang sedikit cerita saja. Tiap malam digigiti dan dihisap darahnya. Baunya juga khas, dibunuh dengan jari maka akan bau busuk sekali. Dan lokasi yang dijadikan sarang akan terlihat kotor karena sisa serapan darah kita akan dibuang disana. Ya bercak-bercak coklat kehitaman. Ga salah kalau ini asal mula umpatan bangsat.

Saking parahnya invasi kutu busuk ini, saya sampai membuang sofa, kursi teras, kasur dan lemari. Bahkan walau setelah sebulan ga tampak masih belum berani beli kasur baru dan perabotan pengganti.

Saya sudah coba pakai obat semprot seperti baygon, ini cuma lemah sesaat. Jadi ga ampuh. Kemudian hairdryer/setrika, ini malah ngerepotin kita walau bisa. Yang paling bagus ya pakai diatomaceous earth. Cara kerjanya serbuk ini aslinya bergerigi, dan sangat kecil. Apabila ada serangga yang terkena maka akan menempel dan mengoyak-ngoyak bagian pelindung tubuhnya dan mengakibatkan kebocoran air. Kata wikipedia begitu. Ya lama-lama mati dehidrasi.

Nah barang ini bisa dibeli di tokopedia, bukalapak atau shopee dan cukup murah kok. Dulu saya beli sampai 2kg karena ga paham cukup ga dosisnya. Ternyata ga sampai 1/2 kg sudah efektif membasmi kutu busuk.

Sekian dan semoga membantu perjuangan anda mengatasi kutu busuk. Saya paham penderitaan anda.

Tulis komentar...