Cara mengatasi “There was a problem sending the command to the program” di Excel

Kali ini saya akan membahas mengenai masalah yang terjadi saat membuka dokumen Excel dan kemudian muncul pesan error “There was a problem sending the command to the program”. Setelah kebingungan kesana kemari mencari tahu apa penyebab dan bagaimana solusinya, akhirnya saya menemukan beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasinya.

Error ini disebabkan dari Dynamic Data Exchange (DDE) yang meng-intercepat perintah membuka workbook Excel, ini mengakibatkan saat anda ingin membuka file *.xls atau *.xlsx akan diabaikan oleh Microsoft Excel dan tidak terbuka.

Pesan kesalahan yang muncul akan tergantung versi Windows yang digunakan:
Windows 7 dan 8:
There was a problem sending the command to the program.

Windows Vista:
Windows cannot find 'LokasiFile/NamaFile', Make sure you typed the name correctly, and then try again.

Windows XP:
Cannot find the file 'LokasiFile' (or one of its components). Make sure the path and filename are correct and that all required libraries are available.

There was a problem sending the command to the program.

Bagaimana cara memperbaikinya? Anda bisa mencoba satu atau lebih cara berikut ini.

Menggunakan Microsoft Fix it

Tergantung jenis Windows yang digunakan, anda bisa mendownload dan menjalankan tool Fix it for me dari Microsoft. Anda cukup mengikuti wizardnya. Versi Microsoft Excel yang didukung mulai dari 2003, 2007, 2010 sampai 2013.

Mematikan Dynamic Data Exchange (DDE) di Microsoft Excel

Anda juga bisa mematikan fitur Dynamic Data Exchange (DDE) di Microsoft Excel supaya tidak diabaikan lagi perintah membuka file Excel.

Microsoft Excel 2003

  1. Buka menu Tools kemudian klik Options.
  2. Pilih tab General.
  3. Hilangkan centang pada “Ignore other applications that use Dynamic Data Exchange (DDE)” kemudian klik OK.

Microsoft Excel 2007

  1. Klik Office Button dan pilih Excel Options.
    microsoft-excel-2007-office-button
  2. Pilih Advanced dan carilah bagian General, kemudian hapus centang pada “Ignore other applications that use Dynamic Data Exchange (DDE)”.
    microsoft-excel-2007-excel-options
  3. Klik OK. untuk mengabaikan DDE.

Microsoft Excel 2010 dan 2013

  1. Buka menu File dan pilih Options.
  2. Pilih Advanced dan buka bagian General, bersihkan centang pada “Ignore other applications that use Dynamic Data Exchange (DDE)”.
  3. Klik OK untuk menerapkan perubahan setting Excel.

Menjalankan Microsoft Excel dalam Compatibility mode

Lakukan klik kanan pada executable Microsoft Excel (excel.exe) dan pilih Properties.

microsoft-excel-2007-executable-right-click

Selanjutnya pindahkan tab ke Compatibility, ubah Compatibility mode ke Windows XP SP3 dan pada Privilege Level beri centang pada “Run this program as an administrator”. Klik OK.

microsoft-excel-2007-executable-properties-compatibility

Jenis Windows pada Compatibility mode bisa dicoba menggunakan yang lain kalau belum berhasil.

95 pemikiran pada “Cara mengatasi “There was a problem sending the command to the program” di Excel”

  1. bagaimana cara mengatasi kesalahan jika disaat membuka data jadi di XL kemudian muncul “There was a problem sending the command to the program” dan pada XL tidak muncul data?

    Balas
    • Selamat siang Cinta, anda sudah mencoba salah satu atau semua solusi yang sudah saya tuliskan diatas? Apakah tidak berhasil?

    • saya juga mengalami hal yg sama sudah saya uncek di dde nya tapi tetap saja tidak bisa, itu problemnya kenapa yaa ?

    • selamat siang, saya juga mengalami hal yang sama dan sudah saya saya coba cara” diatas tetapi masih belum bisa bahkan sekarang ini kalo saya sedang bekerja menggunakan words dan mau mengambil data di excel tidak bisa di copy paste spesial mohon arahan

  2. terimakasih atas pencerahanya tetapi sy coba pada laptop acer one 10 dengan windows 8.1 masih belum berhasil membuka lewat windows explorer, tolong cara yang lain gan tq

    Balas
    • Halo Lili, ini menggunakan Excel versi berapa ya? Sudah coba solusi selain lewat Compatibility Mode (Windows Explorer)?

  3. Gan kalo saya di ms. word, terus langsung keluar command prompt langsung ada peringatan “There was a problem sending the command to the program.” udah gitu ms. word nya ga bisa dbuka sama sekali, boleh solusi nya gan makasih:)

    Balas
    • Halo Andi, kok tidak disertakan ini Microsoft Word versi berapa ya. πŸ˜€ Saya asumsikan yang 2007. Coba cara berikut mas:

      1. Jalankan run command. (Tekan tombol Windows+R atau melalui Start menu > Run).
      2. Isikan: winword.exe /r dan tekan ENTER.

      Semoga berhasil.

    • Selamat malam Hasrul, cara – cara diatas sudah dicoba mas? Yang didalam komentar juga? Walaupun saya mendasarkan panduannya menggunakan Excel 2007 tapi untuk 2010 tidak banyak perbedaannya.

  4. mohon bantuannya saya mempunyai masalah yang sama pada mic.word, jika saya membuka file mic.word akan muncul kalimat There was a problem sending the command to the program., sya mencoba mengikuti cara memperbaikinya dengan panduan pada link ini,, https://support.microsoft.com/id-id/kb/ namun setelah memasuki langkah ke 3, seperti ini (HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\ Office\12.0\Word\Data ) tidak adat pilihan terakhir DATA, sehingga saya tidak bisa melanjutkannya..? mohon bantuan jawabannya. Tks

    Balas
    • Halo Rispan, coba diantara ketiga solusi ini ya:
      1. Buka Word Options > Advanced > dan beri centang di “Ignore other applications that use Dynamic Data Exchange (DDE)”.
      2. Klik kanan pada file wordnya dan pilih Open With. Klik Browse atau More Options > Look for another app on this PC. Nah… arahkan ke lokasi program Wordnya (WINWORD.EXE).
      3. Klik kanan pada icon shortcutnya dan pilih Properties > Compatibility. Hilangkan centang pada semua opsi yang ada.

      Semoga berhasil.

  5. Permisi Gan, saya mau nanya…Saya sudah mencoba semua cara diatas, bahkan office 2007 sudah ya uninstall dan saya install lagi, tp kok masih tetep keluar pesan β€œThere was a problem sending the command to the program” ketika saya membuka salah satu file office 2007 saya. Tapi jika dibuka melalui programnya lalu open file di menu office tetep sudah bisa. Mohon pencerahannya Gan…Terima Kasih sebelumnya…

    Balas
    • Halo Ichwan, termasuk yang ada dalam komentar – komentar mas? Biasanya karena dalam file word tersebut ada link keluar dan tidak ditemukan sehingga error.

  6. Untuk Word nya normal ketika saya buka file nya langsung terbuka di word nya, tetapi kalau buka semua file 2 excel tetap ada β€œThere was a problem sending the command to the program” dan blank di excelnya buka harus dengan open file…
    Excel 2010 ….pakai windows 7 profesional

    Balas
  7. Sempet panik mau buka dokumen excel karena banyak data kerjaan gk bisa dibuka,,iseng2 cari di google siapa tau ada solusi ternyata ada jg yang bahas, alhamdulillah sudah dapat teratasi, semoga gk ngadat lagi. thx ilmunya gan

    Balas
  8. tidak bisa…nggak berhasil…….krmn sempat centang ignore ddl, karna butuh mail merge…tapi malah bikin there’s problem.. udah dicoba cara diatas masi ngak berhasil, windows 8, office 2007, yang kena word dan excel

    Balas
  9. Terimah kasih banyak bro,,,
    Beberapa hari ini saya kebingungan dgn file2 excel tdk bisa dibuka. coba search di intrnet ketemu blog ini. Sukses selalu.

    Balas

Tulis komentar...