Cara mengatasi “This program can’t start because binkw32.dll is missing from your computer.”

Di waktu senggang memang enaknya memainkan game, tapi sayangnya saya malah harus bergelut dengan error saat ingin memainkan game Call of Duty: Black Ops. Sudah di pekerjaan membetulkan komputer, di waktu santai pun saya dipaksa juga. Haha.. πŸ˜€ Jadi sekalian saja saya menuliskan beberapa solusi untuk mengatasi error ini.

Pesan kesalahan ini selengkapnya:

System Error

This program can’t start because binkw32.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.

Jadi maksudnya ada file bernama binkw32.dll hilang dari komputer anda, dan disarankan untuk menginstall ulang programnya untuk memperbaiki masalah ini.

Apakah file binkw32.dll? File ini dibutuhkan untuk memainkan video dengan codec Bink Video yang memang biasa digunakan dalam video dalam game. Karena itulah kalau game ini tidak bisa menemukan binkw32.dll maka akan gagal memainkan video dan tidak bisa dimainkan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi error binkw32.dll ini.

Install ulang software

Coba saja anjuran yang ditampilkan pesan kesalahan yang tampil, program atau game tersebut anda hapus dan setelah itu diinstall ulang. Sayangnya setelah mencoba menginstall ulang gamenya sampai 3 kali tidak ada perubahan yang positif, dan ini membuat saya terpaksa mencari cara alternatif.

Copykan file binkw32.dll ke System

Bisa jadi kalau Windows berusaha mencari binkw32.dll di folder system dan tidak menemukannya. Kadang saya berhasil memperbaikinya cukup dengan mengcopy file binkw32.dll dari folder game ke dalam folder System32 (C:\Windows\System32).

windows-7-system32-binkw32-dll

Update driver VGA

Kadang ini bisa dilupakan, karena berurusan dengan video sudah sewajarnya ada hubungannya walaupun belum tentu penyebab error. Silahkan update driver GPU anda, ini berlaku untuk Intel, Nvidia dan AMD. Apalagi kalau ini pada laptop yang kadang VGAnya ada 2, bisa menyebabkan konflik kalau tidak disetting dengan benar.

lenovo-ideapad-s215-gpu-z

Download RAD Video Tools

Masih gagal juga? Cara terakhir adalah dengan mendownload dan menginstall Rad Video Tools untuk menginstall seluruh file dan termasuk codecnya yang berhubungan dengan Bink Video ke Windows.

Semoga berhasil. πŸ™‚

42 pemikiran pada “Cara mengatasi “This program can’t start because binkw32.dll is missing from your computer.””

    • Halo Fayad, bisa jadi tapi dari pengalaman kebanyakan karena file yang diminta tidak ada di komputer. Sudah dicoba mas memperbaikinya?

    • Selamat pagi Haniif, memang sama maksud errornya dan ini untuk Bink Video 64-bit. Tapi solusinya ternyata tidak semudah yang 32-bit. Coba download ini mas: http://www.dll-files.com/dllindex/dll-files.shtml?bink2w64 tapi ambil yang paling kanan (Manual fix – Download ZIP file). Kemudian filenya letakkan dalam satu folder dengan exe dari gamenya. Alternatifnya coba matikan antivirus anda juga mas.

      Oh ya, ini game apa ya mas?

    • gan ane maen pas mau main bioshock 2 ga bisa soalnya binkw32_dll missing,pas udah didownload malah ada tulisan The procedure entry [email protected] could not be located in the dynamic link library C:\Program Files(x86)\2K Games\BioShock 2\Bioshock2.exe jadi harus gmn gan ?

    • Halo Rhama, coba cara sedikit manual mas:
      1. Cari file binkw32.dll di C:\Windows\system32\
      2. Copy-paste ke folder C:\Program Files(x86)\2K Games\BioShock 2\

    • Tidak ada pesan errornya mas? πŸ™ Kalau gini saya ikut bingung.

      Di teman anda bisa? Coba copas file binkw32.dllnya saja ke tempat anda.

    • Halo Alexander, waduh mas… sudah coba install belum software yang saya sebut?
      1. Ini di Windows apa?
      2, Program atau game yang berhubungan?

    • Halo Nadya, otomatis diletakkan ke dalam folder C:\Windows\system32 mbak. Mestinya program/game yang bermasalah normal setelahnya.

    • Halo Andre, ga ada yang perlu digunakan mas. Tinggal install saja dan nanti kalau ada program yang butuh akan langsung dicek pada lokasi – lokasi standarnya.

  1. Uda aku copy dari game ke windows 32 kok masi tetep” the program can’t start because binkw32.dll is …….. program to fix this problem”
    Gimana gan, mohon bantuannya

    Balas
  2. gagal gan, udah copy bink32 nya ke system32 filenya ada di dalam folder game saya copy, saya pake asus x441u mau instal game jadul f1 2011

    Balas

Tulis komentar...