Cara mengatasi “Cannot rename downloaded file from temp folder” di Internet Download Manager

Anda sedang mengunduh file yang berukuran besar menggunakan IDM dan saat proses download tersebut selesai tiba – tiba muncul pesan error. Wah… bagaimana nasib filenya? Jangan khawatir anda masih bisa mengembalikan file hasil download tersebut, tapi dengan sedikit berusaha.

Pesan error yang dikeluarkan IDM adalah seperti berikut:

Cannot rename downloaded file from temp folder C:\Users\[Username]\AppData\Roaming\IDM\DwnlData\[Username]\FolderTempFile\FileGagal to E:\FileBerhasil.pdf. The file has been saved in temp folder.

Details:
The system cannot find the path specified.

idm-error-cannot-rename-downloaded-file-from-temp-folder

Error diatas berarti proses download anda selesai tapi folder tujuannya tidak tersedia, maka IDM akan mengeluarkan pesan error tidak bisa memindahkan file download dari folder temp ke lokasi tujuan penyimpanan. Jadi file yang didownload bukannya hilang tapi karena lokasi penyimpanan yang salah maka tidak ada yang bisa dilakukan, anda masih bisa menyelamatkan file yang didownload IDM ini.

Yang jadi masalah adalah file yang didownload tidak tersimpan di lokasi yang ditentukan dan nama file yang didownload akan menggunakan format penamaan buatan Internet Download Manager. Terutama untuk download video streaming yang oleh IDM akan dinamakan sementara menggunakan kode – kode dalam folder temporary sebelum dipindahkan ke lokasi yang ditentukan di Options IDM.

Kalau pesan error diatas muncul, maka cara mengatasinya adalah dengan membuka temporary folder Internet Download Manager dan menyisir satu per satu file yang ada. Kemudian menamai ulang dan memberikan ekstensi yang benar supaya file tersebut dapat digunakan di Windows. Bingung? Buka saja link diatas mengenai cara membuka folder temporary IDM, cara ini juga bisa digunakan untuk mengambil download yang belum selesai di IDM.

Tulis komentar...