Cara mengatasi “A required CD/DVD drive device driver is missing.”

Kali ini saya akan menuliskan masalah yang sayangnya saya alami saat berusaha menginstall Windows 7 dari USB Flashdisk di komputer. Tiba- tiba dalam proses instalasi muncul pesan kesalahan “A required CD/DVD drive device driver is missing.” dan mau tidak mau ini menggagalkan proses tersebut. Padahal setup Windows 7 yang saya gunakan sebelumnya tidak pernah bermasalah, dan menggunakan tool resmi dari Microsoft untuk membuatnya. Sekarang bagaimana cara mengatasinya?

Pesan error ini selengkapnya adalah:
Load Driver

A required CD/DVD drive device driver is missing. If you have a driver floppy disk, CD, DVD, or USB flash drive, please insert it now.

Note: If the Windows installation media is in the CD/DVD drive, you can safely remove it for this step.

Artinya adalah driver untuk perangkat CD, DVD, atau USB Flashdisk hilang. Kalau dirasa cukup aneh karena Windows sebelumnya berhasil mengenalinya dan menjalankan proses setup, cuma di tengah – tengah saja gagal.

Setelah berusaha mencari apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasi error ini. Saya bahas dulu apa masalah yang mengakibatkan drivernya hilang, ternyata pada versi Windows Installer tertentu bisa kehilangan deteksi perangkat USB aktif dan putus koneksinya dengan hardware yang terpasang. Jadi Windows Installer akan berusaha mencari dimana lokasi USB Flashdisk tersebut dan tidak menemukannya dari tempat sebelumnya mendapatkan data. Masalah ini bisa terjadi pada Windows 7 dan Windows Server 2008.

Cara memperbaikinya ternyata sangatlah mudah:

  1. Anda cukup membatalkan proses instalasi dengan menekan tombol Cancel. Anda akan kembali pada jendela Selamat Datang (Welcome Screen).
  2. Setelah itu anda harus melepaskan flashdisk tersebut dan memasangnya kembali pada slot atau port yang berlainan.
  3. Kemudian klik Install Now, maka setelahnya setup Windows akan mengenali kembali adanya perangkat USB dan menlanjutkan proses instalasi.

Semoga berhasil. 🙂

74 pemikiran pada “Cara mengatasi “A required CD/DVD drive device driver is missing.””

    • Selamat pagi Agus,

      Drivernya sudah terintegrasi dengan DVD setup Windows 8-nya, tidak ada langkah tambahan untuk memperbaiki error ini. Cukup lepas dan pasangkan di port USB lain perangkatnya.

    • Selamat malam Fhg, ya memang tidak dibatasi pada perangkat USB error ini. Saat muncul pesan kesalahan ini coba eject dan setelah itu ulang prosesnya lagi, semestinya akan otomatis dilanjutkan.

    • Selamat siang Carlo,

      Kalau semua cara yang saya tuliskan tidak bisa ya… mau tidak mau antara mencari installer Windows yang lain (berbeda versi dan sumber ISOnya) atau menggunakan perangkat USB lainnya.

    • bisa jadi USB3 yg ente pake… Asus ane USB3 ga bisa… untungnya masih ada port usb bias di Asus… 🙂 bisa downgrade deh ke win7 😀

    • Selamat malam mas Khoirul, solusi diatas dilakukan saat proses instalasi Windows berjalan. Alternatifnya ya coba gunakan port USB lain untuk menginstall Windows sebelumnya, ini masalah koneksi yang tiba – tiba lenyap jadi caranya tidak jauh – jauh dari mengganti slot yang digunakan.

      Mungkin menggunakan ISO Windows lain bisa menjadi jawabannya, siapa tahu yang rusak ada file didalam installernya.

    • Selamat malam Adie, sayangnya saya sementara ini cuma tahu solusi yang telah saya tuliskan diatas. 🙁 Akan saya coba cari cara mengatasi alternatifnya, dan kalau sudah menemukan akan segera saya update.

  1. wah bisa gan wkwk makasih banyak, awalnya install windows 8 sukses, tapi laptop nya ga compitabel sama windows 8, trus saya coba windows 7 pake 3 flashdisk banyak kendalanya, dari “setup was unable to create a new system partition” sama “A required CD/DVD drive device driver is missing” eh akhirnya bisa pake cara agan, tengkyu gan

    Balas
    • Halo Apoenk, sayangnya saya saat ini saya cuma tahu solusi – solusi yang telah dituliskan diatas. Kalau ada cara lainnya akan segera saya update.

    • Halo Indana, sayangnya untuk saat ini saya cuma tahu solusi yang sudah dituliskan diatas. Saya sangat jarang mengalami kasus ini soalnya, jadi kurang tahu apabila ada cara mengatasi alternatifnya.

    • Halo Rifal, coba dilepaskan dan dipasangkan kembali ke slot yang sama juga bisa kok mas. Metode ini sebenarnya mengakali agar installer Windows mencari lagi lokasinya yang benar.

    • Ini Windows apa ya mas Fitra? Agak bingung juga mendapatkan solusi alternatifnya karena ini masalah setup Windows tiba – tiba hilang kontak dengan port USB yang sedang digunakan.

  2. Menrut ane klo instalasi menggunakan fd itu yg sngat berpengaruh dan membuat eror adalah aplikasi yang agan2 gunakan untuk membuat bootablenya. Buat yg usbnya ada 2 colokan dan kduanya usb 3.0 coba boot pke Power iso.

    Balas
    • Halo Pepen, hmm… saya tidak pernah terpikir kalau software untuk membuat bootable USBnya bisa berpengaruh mas. Informasi menarik jadi. Selama ini memang jarang sekali mengalami kasus ini, saya memakai WinToFlash dulunya dan sekarang selalu Rufus untuk membuat bootable USB.

      Terimakasih.

    • Selamat pagi Edwin, terimakasih atas tambahan informasinya. Saya juga belajar kok mas, ternyata mematikan SB XHCI Controller di BIOS bisa menjadi solusinya. Walaupun berdasarkan laptop Lenovo tapi mungkin bisa diterapkan di merek lainnya, opsi itu termasuk standar soalnya.

    • coba di port usb lain mas gede.
      biasanya kalau di laptop ada 2 port usb yg berdekatan, dan ada 1 lg port usb tersendiri. law gak salah usb 3.0, law di komputer biasanya colokan yg langsung k mainboard.

      Edit:

      saya pertama nyoba di 2 port usb yang berdekatan, kemudian saya coba di port usb yang 1, bisa mas.
      semoga berhasil mas.

    • Terimakasih mas Dedi atas bantuannya. 🙂

      Mematikan setting USB xHCI di BIOS kabarnya juga membantu mengatasi masalah ini.

    • Halo Karka, ini maksudnya bagaimana ya mas? Pakai recovery partition bawaan laptopnya kah? Hmmm.. saya selalu menggunakan DVD/USB Flashdisk soalnya. Asalkan product keynya masih tersimpan kita bebas kok mengaktifkan Windowsnya, tidak harus dari partisi recovery.

    • Halo Ibor, kok solusi paling gampang anda pakai USB Flashdisk saja ya mas. Ini kan masalah konektornya yang tiba – tiba tidak terdeteksi, jadi pasang-lepas USB bisa jadi solusinya. Kalau CD/DVD internal ya terpaksa bongkar misal eject ga bisa.

  3. Saya tetap gak bisa install windows 7, Notebook Dell Inspiron P24T, hanya ada 2 USB port warna hitam. Yang sudah saya lakukan :
    – Pindahkan Flashdisk installernya berkali-kali tetep gak bisa juga.
    – Boot UEFI sdh saya saya rubah ke Legacy.
    – Setingan SATA di BIOS saya ganti AHCI.
    – Partisi GPT sdh saya clean menjadi MBR melalui DISKPART.

    kira-kira ada cara lain lagi gak? tapi kalau diinstall windows 8 atau 10 lancar jaya.

    Thanks, Salam Kenal ya..

    Balas
    • Halo Yuzz, anda install Windows 7 atau Windows 7 SP1 mas? Kalau bisa pakai SP1. Misal masih tidak bisa berarti installernya tidak memiliki driver untuk harddisk di laptopnya, saran saya mas gunakan ISO yang mengikutkan semua driver SATA dari sumber di internet. Ini tidak standar soalnya.

    • Saya Juga menggunakan Notebook Dell Inspiron P24T,, langkah-langkahnya sudah sama persis dengan yg dilakukan yuzz03, tapi tetap muncul pesan required cd/dvd drive device driver is missing saat instal windows 7 yg professional maupun ultimate..

    • Halo Andry, ya itu mas. Ini masalahnya jadi driver SATA di Windows 7nya yang tidak mengenali harddisk, karena itu Windows yang lebih baru normal. Coba cari ISO yang sudah include all driver mas.

  4. Cerita pengalaman dikit.

    1. Di lepie Asus X451CA ane, awalnya driver missing, trus ane cabut tuh fd n selanjutnya dicolokin lg (berhasil)
    2. Pernah lg fresh/clean install win 7, masih pd lepie ane Asus X451CA, awalnya driver missing, trus akhirnya ane cobain lg cara yg pertama n gagal.
    Ternyata USB 3 nya lg aktif, so ane disable aja usb xhci/usb 3 via BIOS (berhasil)
    3. Selanjutnya fresh/clean instal lg Win 7, tp sekarang pd lepie bini ane (Acer ES1 131). Awalnya driver missing jg, tp ane santai aja, krn menurut hemat ane psti
    masalahnya akan selesai jika point pertama atau kedua di ats diterapkan. Dan apa yg terjadi sodara pemirsa, cara pertama gagal dan lebih parahnya lg
    ketika cara kedua akan ane terapkan, ternyata BIOS pd Acer ES1 131, fiturnya tdk selengkap BIOS bawaan lepie ane Asus X451CA. Jgnkan disable USB XHCI, switch AHCI/IDE aja fiturnya g’ ada. Yg ada hanyalah switch boot mode doank UEFI/Legacy, sehingga fitur USB 3 pada Acer ES1 131 akan tetap aktif, soalnya g’ bisa dinonaktifkan via BIOS.

    Sehingga solusi dr masalah ini adalah driver USB 3nya harus diintegrasikan ke dalam Installer Win 7 yg ada.

    So, sekarang pertanyaannya adalah cara mengintegrasikannya gi mna? Gampang kok.

    1. Dengan menggunakan aplikasi “rt7lite”. (silahkan googling untuk cara penggunannya), namun sebelumnya cari dulu driver USB 3 yang sesuai dengan chipset lepie ente, selanjutnya integrasikan ke dalam installer win 7 via “rt7lite”.

    2. Dengan menggunakan aplikasi dr Intel “Win7 USB3.0 Creator” g’ usah googling, soalnya manual penggunaannya telah disediakn oleh Intel dlm satu paket dgn aplikasinya (yg penting ente ngerti dikit bahasanya si Ratu Elisabeth).

    So, biar lebih mudah ane jelasin aja cara penggunaan Win 7 USB Creator menggunakan Bahasa Indonesia kita tercinta.
    Pertama
    Ente buat dulu usb bootablenya via win to flash, rufus, dll. Saran, make RUFUS aja biar lebih mudah (tutor penggunaannya jg udah buanyak).
    Kedua
    Setelah USB Bootablenya telah selesai dibuat, sekarang unplug atau cabut USB Flash drivenya kemudian colokin kembali (biar lebih fresh aja).
    Selanjutnya extract Win7 USB3.0 Creator yg telah didownload sebelumnya.
    Kemudian jalankan “Installer Creator.exe” (run admin) dan perhatikan langkah berikut:

    1. Pada “drive usb path”, silahkan dpilih di mna drive usb ente berada (F,G,H,I, dst).
    2. Setelah itu, klik “Create Image” dan tunggu hingga prosesnya selesai (10 – 15 mnt).

    Setelah prosesnya selesai, unplug/cabut usb flash drive ente n silahkan digunakan untuk melakukan proses instalasi win 7. Moga2 g’ ada lagi yg namanya “Driver Missing”

    Tested by Me n Work 1000%

    Balas
  5. ASus X452E sudh di cabut cucuk lagi ganti plesdis pun tetep tidak bisa.. slut USB cuma ada 2 dan dua dua nya 3.0 /// apa mending di banting aja Leptopnya….

    Balas
  6. Niatnya mau updgrade Windows dari XP ke Win 7, eh tenyata macet di load driver, apes, mana hdd dah diformat lagi! Coba ikuti trik di google, semua teknik di atas dah kucoba di Thinkpad R51E, ga ada yg work, parahnya, ketika flashdisk installer dicabut, tampilan isi file dlm flashdsk itu masih bisa dibrowsing. Aneh laptop jadul ini.

    Balas
  7. Berhasil gan mantap thanks, buat yg masih gagal coba pas pindah port USB PC nya di restart lagi, bukan windows installer nya doang yg di restart, cmiww

    Balas

Tulis komentar...