Cara mengatasi Runtime Error! R6025 di Windows

Program yang dibuat dalam bahasa C++ di Windows memiliki kategori error tersendiri yang ditandai dengan tulisan Runtime Error!, yang bisa dilihat ada hubungan dengan Microsoft Visual C++ Runtime Library. Runtime Error! dengan kode R6025 ini juga merupakan salah satunya dan anda bisa mencoba beberapa cara untuk memperbaikinya.

Pesan error yang muncul biasanya adalah seperti ini:

Runtime Error!
Program C:\Program Files\[Lokasi Program]
R6025
– pure virtual function call

Dan seperti biasanya hanya diberi tombol OK tanpa bantuan, seperti pada Runtime Error! dengan kode R6002, R6031 dan R6034.

Runtime Error! R6025 ini disebabkan oleh si programmer yang melakukan kesalahan dalam pemanggilan fungsi virtual dalam bahasa C++. Dari penyebabnya bisa dilihat kesalahan bukan pada pihak user (anda) tapi dari si pengembang software. Yang perlu dilakukan adalah melaporkan error ini ke pihak pembuat program dan berharap ada update secepatnya.

Tapi error ini juga bisa disebabkan oleh program lain yang aktif saat itu juga, dan ini akan menyamarkan yang mana penyebab pastinya. Beberapa langkah yang bisa anda coba sambil menunggu adanya perbaikan dari software tersebut.

Install ulang Microsoft Visual C++ Runtime Library

Berbeda dengan error dengan jenis Runtime Error! lainnya, tidak ada versi spesifik yang bisa menjadi penyebab dan solusinya. Anda bisa mencoba menginstall semua versi Microsoft Visual C++ Redistributable atau mengupdatenya ke versi yang lebih baru.

Install ulang atau update program tersebut ke versi lebih baru

Coba install ulang program yang bermasalah tersebut dan kalau ada versi yang lebih baru dari yang anda gunakan maka segera lakukan update. Ini yang merupakan cara paling umum dan paling tinggi sukses mengatasi Runtime Error! R6025 ini.

Install ulang driver GPU

Error ini umum terjadi pada aplikasi yang intensif menggunakan video card dan karena driver dari kartu grafis umumnya diprogram menggunakan bahasa C++ maka cukup wajar ada hubungannya. Jenis aplikasi pun tidak dibatasi pada game, software Adobe Photoshop pun bisa menjadi korbannya. Segera cari driver grafis AMD atau Nvidia sesuai dengan jenis VGA anda, dan kalau bisa yang terbaru.

Bisa dilihat solusi yang bisa digunakan dan alternatifnya berhubungan dengan install ulang software utama dan pembantunya, dan ini memang cuma yang bisa dilakukan oleh pengguna software itu. Kalau masih gagal juga maka yang anda bisa lakukan hanyalah menanti adanya update. Jangan lupa melaporkan masalah ini ke developer program tersebut untuk segera ditindaklanjuti.

 

Tulis komentar...