Cara mengatasi Runtime Error! R6034 di Windows

Windows tampaknya memiliki banyak error berjenis Runtime Error! yang kali ini memiliki kode R6034, setelah saya sebelumnya telah membahas kode error R6002 dan R6031. Error dnegan jenis runtime ini umumnya berhubungan dengan Microsoft Visual C++ Runtime Library, spesifiknya untuk masalah ini msvcr90.dll, msvcr90d.dll, mfc90.dll atau mfc90d.dll.

Pesan error ini lengkapnya adalah:

Runtime Error!
[lokasi program]

R6034
An application has made an attempt to load the C runtime library incorrectly.
Please contact the application support’s team for more information.

Masalah ini dikarenakan program tersebut menggunakan runtime library yang versinya tidak tepat, ini bisa disebabkan anda telah menginstall program lain yang menggunakan versi library sama tapi berbeda dalam detailnya.

Ada beberapa solusi yang bisa anda coba untuk memperbaiki Runtime Error! R6034 ini, yang akan saya jelaskan satu per satu.

Install Microsoft Visual C++ 2008 Runtime Library

Seperti yang sudah saya kemukakan sebelumnya, error ini berhubungan dengan msvcr90.dll atau lainnya yang terdapat dalam Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable. Silahkan download versi yang sesuai dengan jenis Windows anda, baik 32 bit atau 64 bit:

 

Jangan lupa restart setelah menginstallnya, ini untuk memastikan Windows menggunakan runtime library yang baru saja diinstall.

Meletakkan isi Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable ke folder program

Bila cara diatas belum berhasil maka lakukan ekstrak pada installer Microsoft Visual C++ 2008 dan letakkan isinya seperti msvcr90.dll, msvcr90d.dll, mfc90.dll, mfc90d.dll dan sebagainya ke dalam folder tempat program yang bermasalah tersebut.

Membuat Batch Command untuk menjalankan program

Cara lainnya adalah dengan membuat perintah batch untuk menjalankan program. Buka notepad dan simpan script ini dengan ekstensi file .bat dan memiliki isi sebagai berikut:

set path=
start program.exe

Dimana program.exe digantikan dengan nama program yang bermasalah. Jalankan file bat tersebut setiap kali ingin membuka program.

Sekian beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi runtime error! R6034 ini. Semoga panduan yang saya berikan bermanfaat untuk anda dalam berjuang menjinakkan Windows.

Tulis komentar...