Cara mengatur AutoPlay di Windows 7

AutoPlay adalah fungsi Windows yang akan otomatis mengenali isi file yang ada di media dan perangkat eksternal yang dipasangkan. Ini bisa USB Flashdisk, DVD/CD, Harddisk eksternal, Memory card dan sebagainya. Dengan AutoPlay memang akan memudahkan pengguna komputer untuk mengakses dan memainkan isinya, tapi ini cukup sering disalahgunakan oleh virus untuk menjalankan program berbahaya secara otomatis.

Karena itu lebih baik anda sadar bagaimana cara mengatur settingnya supaya cocok dengan kebiasaan pemakaian anda dan mengamankan dari infeksi malware dan virus.

Silahkan anda buka Start Menu kemudian klik Default Programs.
windows-7-start-menu

Pada jendela Default Programs klik Change AutoPlay Settings. Catatan saja anda bisa mengaksesnya melalui Control Panel juga.

windows-7-default-programs

Untuk mematikan fitur AutoPlay di Windows 7 maka hilangkan centang pada “Use AutoPlay for all media and devices”. Bila anda masih ingin menggunakan AutoPlay maka disini anda bisa mengatur konfigurasi program atau perilaku default setiap kali ada media atau perangkat eksternal yang dipasangkan.
windows-7-autoplay-settings

Silahkan anda ganti apa yang harus dilakukan Windows 7 setiap kali ada hardware eksternal yang dikenali. Ini bisa dengan otomatis membuka Windows Explorer, memainkan isinya dengan program default yang telah dipilih sebelumnya, melakukan proses instalasi program atau game secara otomatis, atau tidak melakukan apa – apa dan menunggu tindakan anda secara manual.

Tulis komentar...