Cara mengatur brightness di Windows 7

Brightness atau tingkat kecerahan sangat berpengaruh terhadap penglihatan juga kesehatan mata kita saat menggunakan komputer. Jangan sampai kita tidak merasa nyaman atau memakai setting brightness terlalu terang atau gelap sehingga mengakibatkan mata rusak.

Karena kesehatan merupakan hal yang tak ternilai maka silahkan atur tingkat kecerahan layar monitor anda melalui setting di Windows 7. Caranya mudah kok, tinggal ikuti saja panduan berikut.

Silahkan klik icon power di kanan bawah system tray (bisa berbentuk baterai atau kabel), nanti akan muncul pilih Adjust screen brightness.
windows-7-system-tray-power-options

Jendela Power Options akan terbuka, tepat dibagian bawah akan ada slider untuk mengubah tingkat kecerahan layar monitor.? Anda juga bisa mengakses bagian ini melalui Control Panel > Power Options sebagai jalan alternatifnya.
windows7-power-options

(Opsional) Misal anda ingin membuat setting tersendiri untuk setiap jenis power plan di Windows maka pada jenis penggunaan daya yang sedang aktif (dalam contoh adalah High Performance) klik Change plan settings.

Maka sekarang akan muncul jendela Edit Plan Settings. Kalau anda menggunakan laptop akan ada 2 bagian yaitu bila menggunakan baterai dan memakai kabel listrik langsung.
windows-7-edit-plan-settings

Geser saja slider di bagian Adjust plan brightness, ke kiri maka akan semakin gelap dan ke kanan akan semakin terang. Bila sudah maka klik saja Save changes dan konfigurasi brightness baru tersebut akan langsung diterapkan.

Bila anda tidak menemukan opsi mengatur brightness entah memang hilang atau rusak saya sarankan untuk menginstall ulang driver VGA anda terlebih dahulu.

Tulis komentar...