Cara mengatur jarak spasi di Word

Jaman kuliah dulu saat membuat makalah atau tugas biasanya laporannya akan diminta menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 12, ini masih mudah mengaturnya. Tapi pada saat itu yang membuat saya bingung adalah bagaimana caranya mengatur jarak 2 spasi, selama SMA dulu tidak diajari sih dan waktu kuliah memang berbeda sistemnya.

Karena di Word sendiri biasanya cuma langsung ketik kemudian mengatur formattingnya saja, dan tampaknya asumsi dosen bahwa mahasiswanya sudah paham. Padahal tidak bisa. Haha 😀 Kalau anda juga bingung maksudnya 2 spasi itu artinya jarak antar paragraf. Ya, saat anda tekan ENTER untuk ganti baris untuk berganti paragraf itu yang sebenarnya diatur, sebelumnya saya kira jarak spasi antar kata atau antar baris.

Nah… bagaimana caranya mengganti jarak spasi di Word? Ada beberapa metode yang bisa anda gunakan, cuma beda repotnya saja. Disini saya menggunakan Microsoft Word 2007.

Cara 1:

  1. Dari jendela utama Word semestinya akan terbuka tab Home, di bagian Paragraph klik pada icon panah kecil di sudut kanan bawah kotaknya.
  2. Akan muncul jendela setting paragraf, disini anda akan menemukan pengaturan Line spacing silahkan ubah nilainya. Single adalah 1 dan Double adalah 2 spasi.
    word-2007-paragraph-indents-spacing-settings
  3. Alternatifnya kalau tidak ada nilai yang anda inginkan adalah menggunakan Multiple kemudian isikan angkanya di kotak At, misalnya 1.4 atau 3 tergantung apa yang anda butuhkan.
  4. Klik OK untuk mengubahnya.

Cara 2:

  1. Masih di kotak Paragraph silahkan klik icon paragraf yang diapit panah atas dan bawah, ini adalah shortcut untuk setting Line Spacing.
    word-2007-line-spacing
  2. Ini sangat mudah, tinggal anda klik saja salah satu angka yang muncul sesuai dengan kebutuhan anda.

Cara 3:

  1. Metode terakhir yang saya ketahui dan paling cepat adalah menggunakan tombol shortcut.
  2. Tekan CTRL+1 untuk jarak 1 spasi, CTRL+2 untuk 2 spasi, dan CTRL+5 untuk 1.5 spasi.
  3. Selesai.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...