Cara mengatur link gambar di WordPress

Sebagai pengguna WordPress saya yakin anda sudah menyadari perilaku defaultnya dalam urusan gambar yang diupload. Kalau anda perhatikan dalam posting yang dibuat maka gambar tersebut akan menjadi link aktif ke file gambar atau fotonya, dan kalau pengunjung anda sedang membaca artikel kemudian mengkliknya akan membuat halaman yang terbuka beralih ke gambar secara penuh. Hal ini yang kadang tidak kita inginkan karena pengunjung website akan keluar dari halaman tersebut.

Kalau anda juga merasa terganggu dengan setting gambar di WordPress maka anda bisa mematikan atau mengatur apa yang sebaiknya dilakukan secara default setiap kali ada gambar atau foto yang diupload. Yang perlu dilakukan mudah sebenarnya, saat anda selesai mengunggah file gambar maka pada Attachment Display Settings tepatnya di bagian Link To silahkan diubah opsinya.

wordpress-attachment-display-settings-link-to

Ada 4 opsi yang bisa anda pilih:

  1. Media File – URL dari gambar bila diklik akan menuju filenya langsung, ini adalah setting defaultnya.
  2. Attachment Page – Link yang digunakan pada gambar akan menuju halaman attachment file.
  3. Custom URL – Pengunjung akan dialihkan ke link yang anda tentukan.
  4. None – Tidak ada link aktif pada gambar tersebut.

Apapun pilihan anda konfigurasi link pada gambar WordPress ini akan aktif sebagai default sejak anda mengubahnya, tapi untuk gambar – gambar sebelumnya perlu anda ganti sendiri secara manual.

Mematikan atau menghilangkan link aktif pada setiap gambar yang diupload adalah salah satu hal yang saya lakukan pada setiap instalasi WordPress baru, selain itu adalah mematikan pingback dan trackback juga. Karena konfigurasinya memang perlu diatur ulang untuk mencegah spam. Mungkin lain kali saya akan menuliskan rekomendasi setting WordPress dan pluginnya.

Tulis komentar...