Cara mengatur Service di Windows melalui Command Prompt

Service di Windows merupakan komponen penting yang menjamin kinerja dan tersedianya fitur – fitur tertentu pada Windows. Walau kadang kita bisa memodifikasinya lebih lanjut supaya komputer kita memiliki performa yang lebih baik tapi ini tidak diwajibkan. Sekarang bagaimana kalau berusaha mengakses konfigurasi Windows Services dan gagal?

Jangan panik dulu, anda masih bisa mengatur Windows Services melalui kawan lama yang tidak pernah mengecewakan yaitu command prompt. Selain memanggil command prompt (mungkin untuk beberapa perintah dibutuhkan hak administrator) anda juga harus mengetahui nama service yang akan dikonfigurasi. Cara paling mudah sayangnya melalui services.msc kemudian lihat lakukan saja double click atau klik kanan pada service yang terpilih, kemudian lihat pada tulisan Service name – ini adalah nama yang nantinya anda gunakan.

windows-7-windows-error-reporting-service-properties

Memberhentikan service di Windows melalui Command Prompt

Kalau anda ingin menghentikan suatu service cukup dengan mengetikkan net stop <nama_service> kemudian tekan Enter. <nama_service> harap digantikan dengan nama service Windows yang ingin diatur.

windows-7-command-prompt-net-stop-wersvc

Menyalakan service di Windows melalui Command Prompt

Sebaliknya kalau anda ingin mengaktifkan suatu service cukup ketikkan net start <nama_service> disambung dengan menekan tombol Enter.

windows-7-command-prompt-net-start-wersvc

Melanjutkan proses service di Windows melalui Command Prompt

Proses service yang dihentikan (pause) bisa dilanjutkan dengan perintah net continue <nama_service> dan tekan tombol Enter.

windows-7-command-prompt-net-continue-wersvc

Mematikan permanen service di Windows melalui Command Prompt

Anda bisa mengatur supaya service tersebut tidak dijalankan secara permanent dengan mengubah Start Type-nya. Kalau melalui command prompt anda perlu mengetikkan sc config <nama_service> start= disabled kemudian tombol Enter ditekan, perhatikan bahwa adanya spasi sebelum kata disabled.

windows-7-command-prompt-sc-config-wersvc-start-disabled

Menampilkan seluruh service yang aktif di Windows melalui Command Prompt

Kalau anda ingin melihat apa saja service di Windows yang aktif pada command prompt maka ketikkan perintah berikut net start dan tekan Enter.

windows-7-command-prompt-net-start

Lainnya

Setiap service di Windows memiliki nama sendiri – sendiri, kalau anda tidak bisa mengakses services.msc maka akan kesulitan mendapatkan namanya. Cara lain mendapatkan alternatif adalah dengan melakukan pencarian di Google untuk sekarang ini. Kemungkinan di lain kesempatan saya akan menuliskan semua nama service bawaan Windows.

Tulis komentar...