Cara mengatur update otomatis Mozilla Firefox

Fitur update program secara otomatis milik Mozilla Firefox memang mempermudah kita agar selalu mendapatkan fitur terbaru dan keamanan yang lebih baik, tapi efek negatifnya adalah terkadang ada beberapa website, aplikasi atau add-on yang tidak berfungsi lagi secara sempurna. Kalau anda tidak ingin direpotkan update otomatis atau hanya ingin melakukan pembaruan disaat tertentu maka lebih baik dimatikan atau diatur kembali settingnya.

Pertama anda perlu mengakses Options dari Mozilla Firefox, klik saja icon menu (tiga baris horisontal) di sebelah kanan. Cara alternatifnya adalah dengan menekan tombol Alt+T dan dilanjutkan O, ini akan membuka menu Tool dan memilih Options.
mozilla-firefox-menu

Pindahkan tab pada Advanced dan pilih Update.
mozilla-firefox-options-update

Pada Firefox updates ada beberapa opsi:

  • Automatically install updates (recommended: improved security) – Mozilla Firefox akan diupdate secara otomatis bila ada versi barunya dan merupakan setting yang direkomendasikan.
  • Warn me is this will disable any of my add-ons – Opsi tambahan dari install update otomatis diatas, anda akan diinformasikan kalau update ini bisa mematikan add-on yang terpasang.
  • Check for updates, but let me choose whether to install them – Tetap dilakukan pengecekan adanya update, tapi anda bisa menerima atau menolak update yang akan diinstall.
  • Never check for updates (not recommended: security risk) – Tidak pernah mengecek adanya update, setting ini tidak direkomendasikan karena ada resiko keamanan.

Ketiga pilihan diatas adalah yang mempengaruhi perilaku update Firefox.

Sedangkan beberapa opsi tambahan yang ada:

  • Show Update History – Melihat riwayat update Mozilla Firefox, tampaknya sudah cukup jelas fungsinya.mozilla-firefox-update-history
  • Use a background service to install update – Firefox akan menjalankan service di Windows untuk melakukan updatenya.
  • Automatically updates : Search Engine – Fitur untuk mengupdate search engine yang terpasang di Firefox.

Saran saya kalau tidak ada batasan plugin, add-onm kuota bandwidth internet dan semacamnya maka lebih baik aktifkan saja auto-updatenya.

2 pemikiran pada “Cara mengatur update otomatis Mozilla Firefox”

  1. lebih bagus manual atau otomatis gan, kelau saya lebih suka manual, untuk mengurangi background process, by the way, sip bermanfaat banget infonya, oh ya salam kenal juga gan.

Tulis komentar...