Cara mengatur zona waktu komputer melalui command prompt

Bagi para teknisi yang menangani banyak komputer melakukan setting secara manual satu per satu jelas akan memakan waktu dan menghabiskan tenaga, apalagi kalau ada cara cepatnya dan bisa diotomatisasi tentu lebih baik. Salah satunya adalah masalah setting zona waktu komputer, karena di Windows setidaknya sudah ada perintah command promptnya untuk menggantikannya.

Mari kita mulai dengan bagaimana cara mengetahui apa zona waktu yang digunakan Windows sekarang lewat cmd. Format perintahnya sangatlah mudah, tinggal ketikkan perintah tzutil /g dan tekan ENTER.
cmd-tzutil
Kalau sudah disetting mengikuti Indonesia maka akan muncul balasan “SE Asia Standard Time”. Jika pesan yang muncul lain maka jelas bukan di Indonesia timezone yang aktif di Windows.

Selanjutnya, bagaimana cara mengubah zona waktu melalui command prompt? Kita masih memanfaatkan tzutil tapi dengan parameter /s, jadi misal kita ingin menggantinya menjadi timezone di Amerika sana misalnya PST maka perintahnya adalah tzutil /s “Pacific Standard Time”. Kalau bingung bisa dilihat pada gambar diatas sebagai referensinya.

Setelah itu anda perlu merestart komputer supaya perubahan yang anda lakukan akan diterapkan. Saya mencoba perintah diatas dalam Windows 7.

Tulis komentar...