Cara mengawasi perubahan file pada folder dengan File Watcher Simple

Ada beberapa alasan untuk memonitor suatu folder di Windows terhadap perubahan – perubahan yang terjadi. Mungkin folder tersebut berisi data yang penting dan anda tidak ingin ada modifikasi terhadap file yang ada, atau anda ingin mendapatkan pesan setiap kali ada file yang ditambahkan atau dihapus dari folder tersebut.

Apapun alasannya File Watcher Simple bisa membantu anda dalam tugas ini. Program gratis ini membutuhkan .NET Framework 3.0 saja untuk menjalankannya.

Setelah anda mendownloadnya, silahkan jalankan program ini. Tampilan awal dari File Watcher Simple tampak kosong, untuk membuat tugas pertama silahkan klik Edit > New atau Ctrl + N. Anda akan mendapati jendela konfigurasi dan beberapa parameternya.
file-watcher-simple

Nilai dari beberapa parameter default sudahlah cukup dan opsi – opsi yang lainnya tidaklah wajib. Pilihan tingkat lanjut dapat anda lihat pada tab – tab lainnya di bagian Properties tugas, anda bisa mengkonfigurasi lebih lanjut bila anda membutuhkan fitur – fitur tingkat lanjutnya. Jadi anda bisa melakukan filter tergantung kondisi yang anda inginkan asalkan anda memahami regular expression, dan anda bisa menjalankan progam tertentu bila kondisi perubahan terpenuhi. Program ini bisa mengawasi secara otomatis satu direktori beserta subdirektorinya jika anda menginginkan.
file-watcher-simple-properties

Secara default tiap tugas monitoring folder akan dicek tiap jeda 10 menit, anda bisa mengganti waktu jeda pada bagian Properties tugas pengawasan.

Anda perlu menjalankan tugas pengawasan secara eksplisit dalam program kecuali anda telah menjalankan secara otomatis pada startup Windows, bisa anda temukan pada Tools > Options. Tab Log messages berisi setiap perubahan yang terjadi dan terekam oleh program.

file-watcher-simple-options

Program ini akan merekam kejadian yang ada secara otomatis jika file atau folder diubah, dihapus, diganti namanya atau dibuat dalam folder yang diawasi. Waktu terakhir dibaca, ditulis, dan diubah juga direkam. Anda juga bisa menambahkan perubahan atribut, keamanan file, kapan file tersebut diakses, perubahan ukuran file dan waktu pembuatan file untuk direkam program ini. Jadi anda bisa mengetahui segala perubahan yang terjadi pada folder yang diawasi.

Tulis komentar...